Upaya Untuk Pencegahan Endometriosis

0
72
pencegahan endometriosis

Pencegahan Endometriosis

Seputarherbal.com – Endometriosis yaitu kondisi dimana ada jarigan yang tumbuh dan menumpuk di luar rahim, yang seharusnya jaringan itu berada pada lapisan dinding rahim. Begini pemahamannya, pada keadaan normal jaringan dinding rahim akan menebal saat terjadi ovulasi. Tujuannya supaya calon janin dapat menempel pada rahim ketika terjadi pembuahan.Tapi bila tidak terjadi pembuahan maka jaringan yang telah menebal itu akan luntur dan keluar dalam bentuk darah, itulah yang dimaksud haid.

Sedangkan jika anda mengalami endometriosis, maka jaringan yang seharusnya luruh melalui vagina ini malah luruh di luar vagina, sehingga sisa jaringan itu akan mengendap di sekitar organ reproduksi. Endapan itu, semakin lama bias menumpuk dan berbahaya, karena bias menyebabkan kista dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan organ reproduksi.

Nah, pada kebanyakan kasus endometriosis jarang di obati, sehingga tidak aneh kalau beberapa wanita mengalami kista endometriosis. Mengingat penyakit ini tidak bisa di sembuhkan , tapi ada cara untuk mencegah  penyakit tersebut. Simak upaya pencegahan endometriosis berikut ini :

Menghindari Kebiasaan Buruk

Maksudnya harus menjaga pola makan dan menghindari minuman yang beralkohol.  Jika anda mengonsumsi makanan berlemak yang terlalu sering akan mempengaruhi pada produksi prostatglandin yang berada di tubuh wanita. Dengan tingkat prostatglandin yang tinggi maka estrogen juga akan ikut tinggi, sehingga akan mempengaruhi pertumbuhan jaringan estrogen.

Ada teori lain mengatakan bahwa wanita yang sering memakan daging merah memiliki resiko yang lebih tinggi untuk terkena estrogen. Maka jelas lah makanan yang berlemak dapat mempengaruhi pertumbuhan penyakit ini. Oleh karena itu anda harus menghindari mengonsumsi makanan tersebut secara berlebihan.

Olahraga Teratur

Olahraga memang sangat bagus untuk kesehatan tubuh, tapi apa daya setiap manusia kalau urusan olahraga pasti malas untuk mengerjakannya. Wanita yang rutin menjalani aktivitas olahraga berupa aerobik, jogging, maupun bersepeda akan jauh untuk terhindar dari penyakit endometriosis.

Apabila seseorang telah terkena  penyakit endometriosis, olahraga juga dapat menghilangkan endometriosis setahap demi setahap. Banyak wanita yang terkena penyakit ini tidak mau olahraga , dengan alasan sakit melakukannya. Padahal secara tidak sadar itu sangat bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah ke organ tubuh, menjaga nutrisi dan aliran oksigen keseluruh tubuh, juga memicu hormon endorfin dalam otak sehingga rasa sakit dapat berkurang.

Menggunakan Kontrasepsi Hormonal

Penggunaan kontrasepsi seperti pil KB dapat anda gunakan untuk menjaga agar kadar estrogen tidak meningkat.Sebab jika kadar itu meningkat maka kemungkinan anda bisa terkenan penyakit endometriosis. Hal lainnya juga yang harus anda ingat yaitu hindari stres yang berlebih, apalagi jika anda sudah terkenan endometriosis maka akan mengakibatkan gejala yang lebih parah atau berat.

https://lingshenyao.id/cara-mengobati-kanker/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here