Home Kesehatan Cara Sehat untuk Mengatasi Obesitas

Cara Sehat untuk Mengatasi Obesitas

0
18

Seputarherbal.com – Obesitas merupakan suatu kondisi dimana seseorang memiliki berat badan berlebih yang disebabkan karena menumpuknya lemak di tubuh. Tak jarang kondisi ini memicu terjadinya masalah psikis akibat tidak percaya diri dengan bentuk tubuh yang gemuk. Selain itu, tak jarang seseorang dengan obesitas mengatasi gangguan kesehatan tersebut dengan melakukan diet ketat. Namun, rupanya diet ketat bukanlah satu-satunya cara untuk menurunkan atau menjaga berat badan agar tetap ideal. Pasalnya, banyak cara yang lebih sehat untuk penanganan obesitas.

Faktor utama penyebab terjadinya obesitas adalah kebiasaan menerapkan gaya hidup yang tidak sehat. Padahal, kunci utama agar tubuh terhindar dari masalah obesitas adalah penerapan gaya hidup sehat. Nah, berikut ini beberapa cara sehat yang dapat Anda terapkan untuk menangani obesitas :

  • Ubah Pola Makan

Untuk mencegah dan mengatasi obesitas, hal utama yang harus Anda lakukan adalah mengobah pola makan dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat dengan gizi seimbang. Buah-buahan dan sayuran merupakan makanan yang paling cocok untuk mencegah terjadinya obesitas. Pasalnya, buah dan sayuran memiliki kalori yang rendah dan kaya akan serat serta nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu, penting juga bagi Anda untuk menghindari konsumsi makanan siap saji (junk food). Hal ini disebabkan karena, junk food mengandung kadar kolesterol atau lemak jahat yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan risiko terjadinya obesitas.

Sementara itu, kebiasaan yang harus dihindari adalah, tidur sehabis makan. Meskipun hal ini sangat nikmat untuk dilakukan, tetapi hal tersebut dapat menyebabkan pencernaan Anda terganggu sehingga terjadi penumpukan lemak di dalam tubuh. Selain itu, kebiasaan ini juga dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes. Maka dari itu, Anda harus bisa melawan rasa kantuk sehabis makan, seperti dengan melakukan aktifitas-aktifitas kecil yang dapat membuat Anda tetap terjaga.

Baca Juga : Kebiasaan Ini Hindari Kamu dari Gejala Obesitas

  • Olahraga Teratur

Selain mengubah pola makan, Anda juga perlu melakukan aktivitas fisik secara rutin untuk mengatasi obesitas secara maksimal. Selain dapat membantu menurunkan berat badan, olahraga juga dapat menjauhkan Anda dari berbagai macam penyakit serius, seperti diabetes. Olahraga setidaknya 150 menit tiap minggu untuk mencegah dan mengatasi obesitas atau penambahan berat badan. Jika Anda sudah mulai terbiasa, tingkatkan lagi aktivitas olahraga setidaknya 350 menit tiap minggu, untuk menurunkan berat badan secara signifikan. Anda juga dapat melakukan olahraga-olahraga ringan, seperti jalan kaki, jogging, atau bersepeda di sekitar rumah.

  • Perbanyak Minum Air Putih

Anda mungkin menetahui anjuran minum air putih sebanyak 8 gelas perhari. Hal tersebut memang benar adanya, sebab air penting untuk mendorong kotoran agar keluar dari dalam tubuh, sehingga tidak menumpuk dan menyebabkan berat badan naik dengan mudah. Akan lebih baik jika mengonsumsi air putih tanpa tambahan pemanis atau bahan-bahan lainnya.

  • Tidur yang Cukup

Terkadang sulit mendapatkan waktu yang cukup untuk tidur ketika Anda sedang sibuk-sibuknya dengan aktivitas harian Anda. Meskipun begitu, Anda harus tetap meluangkan waktu yang cukup untuk istirahat, agar terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan, seperti obesitas. Hal ini disebabkan karena, ketika Anda kekurangan tidur, maka tubuh akan memproduksi hormon kortisol dalam jumlah yang tinggi. Hormon tersebut dapat menyebabkan nafsu makan meningkat tak terkendali. Tidak hanya kurang tidur, tidur lebih dari 10 jam juga dapat memicu kenaikan berat badan.

Obat CINA Kanker Terbaik di Dunia