Beberapa Hal yang Harus Dihindari Penderita Rematik

0
42

Seputarherbal.com РRematik atau yang memiliki nama latin Rheumatoid Arthritis, merupakan suatu penyakit yang menyerang sendi, mengakibatkan radang dan rasa nyeri pada sendi. Bagian yang paling sering terserang rematik antara lain, kaki, lutut dan pergelangan tangan. Biasanya, rematik lebih banyak terdapat pada wanita daripada pria, dengan kisaran usia 20-40 tahun. Rematik juga disebabkan oleh beberata faktor, yaitu asam urat, faktor usia, akibat mengonsumsi alkohol, dan osteoporosis. Penderita rematik memiliki beberapa pantangan yang harus mereka hindari, baik itu makanan maupun aktifitas. Berikut beberapa pantangan yang sebaiknya dihindari penderita rematik :

  • Merokok

Merokok memang tidak mempengaruhi rematik secara langsung, akan tetapi zat yang terkandung dalam rokok dapat merusak gigi dan membuat gigi menjadi rapuh. Maka dari itu, penderita rematik sebaiknya mulai menghilangkan kebiasaan merokok, karena merokok dipercaya dapat membuat tulang menjadi semakin rapuh. Merokok sebenarnya bukan hanya harus dihindari oleh penderita rematik, tetapi semua orang harus berhenti merokok agar tidak timbul penyakit yang membahayakan tubuh.

  • Mandi Malam

Mandi malam tentunya sudah banyak diketahui sebagai salah satu hal yang harus dihindari oleh penderita rematik. Yap! Mandi malam memang tidak dianjurkan untuk penderita rematik. Hal ini disebabkan karena, air dan udara yang dingin merupakan penyebab utama yang membuat rematik makin parah. Mandi malam dapat membuat kapsul pada sendi mengkerut sehingga sendi Anda akan terasa makin nyeri. Maka dari itu, hindarilah mandi malam jika anda memiliki rematik.

  • Mengankat Beban Berat

Mengangkat beban yang berat menyebabkan kinerja sendi juga berat. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus, maka penderita rematik akan merasakan nyeri sendi yang luar biasa pada sendi, karena sendi juga menahan beban tersebut. Maka dari itu, penderita rematik tidak dianjurkan untuk mengangkat beban yang berat.

  • Makan Jeroan

Makanan yang merupakan dalaman dari hewan seperti usus, hati, ampela, otak, jantung dll juga harus dihindari penderita rematik. Meskipun rasanya lezat, jeroan dapat memicu rasa nyeri pada bagian sendi. Selain rematik, jeroan juga tidak baik untuk kesehatan jantung dan dapat menyebabkan penyakit komplikasi lainnya.

Baca Juga : 5 Makanan pantangan pengidap rematik

  • Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Santan

Makanan yang mengandung santan memang memiliki rasa yang lezat dan gurih. Akan tetapi santan mengandung zat purin yang memicu rasa nyeri pada sendi dan juga mengandung kolesterol tinggi. Sehingga penderita rematik dan kolesterol sebaiknya mulai mengurangi dan menghindari makanan yang mengandung santan.

https://lingshenyao.id/tanda-kanker-serviks/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here