Home Kesehatan Makanan dan Minuman Pantangan Hipertiroid

Makanan dan Minuman Pantangan Hipertiroid

0
70

Seputarherbal.com – Makanan Pantangan Hipertiroid.  Tiroid merupakan kelenjar yang memiliki fungsi unruk menghasilkan hormon tiroid. Hormon ini merupakan hormon yang sangat penting untuk mengatur kelangsungan metabolisme tubuh. Biasanya, kelenjar tiroid memanfaatkan yodium untuk menghasilkan sekaligus menyeimbangkan hormon yang dihasilkannya. Namun, ada beberapa kondisi yang menyebabkan gangguan pada kelenjar tiroid, salah satunya hipertiroid.

Hipertiroid merupakan suatu kondisi dimana kelenjar tiroid memproduksi hormon tiroid secara berlebihan. Kondisi ini ditandai dengan meningkatnya aktivitas kelenjar tiroid dalam tubuh. Gejala yang dialami berupa tangan bergetar, cepat lelah, gugup, sulit bernapas, moody, detak jantung tidak stabil, mudah berkeringat, hingga rambut rontok. Pada wanita biasanya disertai dengan perubahan jadwal menstruasi.

Untuk mencegah dan mengatasi masalah hipertiroid, Anda juga perlu memantaunya lewat makanan yang Anda konsumsi. Pasalnya ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan atau memperparah gejala hipertiroid. Diantaranya adalah :

  • Yodium

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa kelenjar tiroid memanfaatkan yodium untuk menghasilkan sekaligus menyeimbangkan hormon tiroid. Namun, apabila asupan yodium berlebih, maka dapat menyebabkan gangguan seperti hipertiroid. Maka dari itu, jika anda mengalami hipertiroid, sebaiknya hindari makanan kaya yosium seperti rumput laut, dan makanan lainnya yang mengandung garam yodium.

  • Susu

Meskipun susu merupaka minuman yang tergolong sehat, namun penderita hipertiroid sebaiknya tidak mengonsumsinya. Namun, jika Anda sangat ingin minum susu, gantilah dengan susu skim yang lebih sehat dan mudah dicerna.

Baca Juga : Penanganan Hipotermia dan Hipertermia

  • Kafein

Selain susu, pengidap hipertiroid juga harus menghindari minuman, seperti kopi, teh, atau coklat yang mengandung kafein. Pasalnya, kafein dapat mengintensifkan gejala hipertiroid. Maka dari itu, batasi konsumsi minuman berkafein dan ganti dengan minuman-minuman yang lebih sehat, seperti jus buah segar.

  • Makanan Bertepung

Makanan bertepung juga termasuk dalam daftar makanan pantangan hipertiroid yang selanjutnya. Pasalnya, tepung merupakan makanan yang kandungan nutrisinya sangat rendah, sehingga cenderung sulit untuk dicerna oleh tubuh. Selain itu, makanan tinggi glikemik ini juga dapat mengganggu kadar gula dan hormon di dalam tubuh Anda. Maka dari itu, gantilah makanan bertepung, seperti pasta, roti, atau makanan ringan, dan sereal dengan makanan sehat alami yang terbuat dari 100% biji-bijian, seperti beras merah dan roti gandum.

  • Makanan dengan Gula Tambahan

Untuk mencegah hipertiroid, Anda juga harus menghindari makanan atau minuman, seperti selai, sirup pancake, kue kering, cookies, dan yogurt beku. Pasalnya, kandungan gula seperti fruktosa, dekstrosa, dan tebu dapat menambah kalori dan meningkatkan kadar gula darah.

Stadium 4 Kanker Serviks | Obat Herbal Pengobatannya