Mau Olahraga Usai Melahirkan ? Perhatikan Dulu Tips Ini

0
160
olahraga usai melahirkan

Seputarherbal.com – Bagi para ibu yang ingin melakukan olahraga usai melahirkan mungkin menjadi suatu masalah. Ibu akan kebingungan, mau olahraga tapi tidak ada waktu yang pas dan tubuh yang masih capek karena perubahan hormonal. Anda tidak perlu khawatir, banyak cara untuk mengakali hal tersebut.

Ada beberapa tips olahraga usai melahirkan yang dapat para ibu ikuti di rumah, cara ini cukup efektif dalam memanfaatkan waktu dan tidak terlalu berat, berikut di antaranya :

Memanfaatkan Waktu Luang

Manfaatkanlah waktu dimana saat bayi anda tertidur atau ketika bayi ada yang menjaga. Pada saat itu lah  anda dapat menggunakan waktu tersebut untuk melakukan olahraga yang biasa anda lakukan.

Melakukan Aktivitas Bersama Anak

Jika anak anda sudah menginjak batita atau balita yang susah untuk di “tinggalkan” anda bisa mengakalinya dengan cara ini. Anda coba membeli kaset yang bermusik dance,zumba,atau jenis musik senam lainnya. Kemudian anda bisa sambil melakukan gerakan senam dan bermain dengan anak untuk mengikuti gerakannya. Atau bisa juga dengan melihat vidio orang yang menari sambil sama-sama mengikuti gerakannya.

Ajak Anak Untuk Berbelanja

Mungkin ini bermanfaat tapi mungkin juga menjadi pemborosan. Manfaat nya yaitu dengan berbelanja maka otomatis tubuh anda akan bergerak sehingga dapat membakar kalori dala tubuh. Coba dengan berbelanja pergi ke mall untuk berbelanja, sambil jalan-jalan melihat barang-barang. Risiko nya paling anak mau ini itu harap, harap di maklum saja.

Tapi terlepas dari itu semua, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dulu, yaitu

  • Jangan melakukan olahraga renang saat anda baru melahirkan. Karena kemungkinan akan menyebabkan pendarahan. Apalagi bagi anda yang melakukan persalinan lewat operasi caesar, takunya akan menyebabkan infeksi pada jahitan operasi.
  • Bagi anda yang menjalani operasi caesar, sebaiknya tahan dulu untuk berolahraga sampai kurang lebih 2 bulan. Tujuannya agar jahitan pada perut benar-benar pulih.
  • Sesudah melahirkan , biasanya banyak ibu yang tidak bisa menahan kencingnya, terutama saat  pada saat tertawa, bersin, dan batuk. Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa melakukan senam panggul dan senam kegel agar dapat mengencangkan kembali otot panggul.

https://lingshenyao.id/pengobatan-kanker-rahim/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here