Tips Berolahraga Ketika Musim Hujan

0
103
Olahraga Saat Musim Hujan

Seputarherbal.com – Sering kali musim hujan menjadi kendala bagi mereka yang akan berolahraga, ada yang beralasan takut sakit, jalan becek, licin atau apalah. Padahal anda masih bisa melakukan olahraga saat musim hujan dan ada tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Berikut di bawah ini beberapa Tips Berolahraga Ketika Musim Hujan :

Gunakan Baju Berlapis

Mulailah dengan mengunakan baju berlapis yang berbahan sintetis dari tipis sampai ke yang tebal, yang kira-kira kuat untuk menahan air hujan dan terpaan angin. Sebaiknya, anda hindari pemakaian baju yang berbahan katun, karena baju berbahan katun bisa menyerap keringat. Jadi bila baju jadi basah akibat keringat akan membuat suhu tubuh menurun dan berisiko terkena hipotermia.

Baca Juga : Tips Bersepeda Dimalam Hari

Gunakan Sarung Tangan dan Topi

Selain pakaian yang berlapis, sarung tangan dan topi juga sangat berguna untuk pertahanan diri ketika musim hujan. Saat musim hujan membuat kepala, tangan, dan kaki rentan kedinginan, karena bagian itu adalah ujung-ujung tubuh yang menjadi pusat aliran darah. Maka dari itu sarung tangan dan topi sangat berguna sekali ketika musim hujan, penggunaan topi bermanfaat juga untuk melindungi kepala dari gerimis.

Jangan Lupa Minum

Udara yang dingin membuat rasa haus pun tidak akan terasa, sehingga rasa ingin minum pun tidak ada. Padahal, yang namanya olahraga pasti tubuh kita akan mengeluarkan keringat walaupun dalam keadaan hujan. Oleh karena itu tetaplah minum air agar cairan tubuh yang hilang dapat tergantikan kembali.

Lakukan Pemanasan dan Pendinginan

Seperti olahraga pada umumnya, biasakan lakukan pemanasan dulu sebelum olahraga dan lakukan pendinginan usai berolahraga. Pemanasan adalah kewajiban sebelum berolahraga, agar anda tidak cedera, apalagi itu musim hujan yang justru memiliki resiko cedera lebih besar.

Pendinginan bertujuan untuk melancarkan kembali aliran darah dan menurunkan suhu otot kembali seperti semula agar terhindar dari rasa nyeri. Selain itu pendinginan dapat mengurangi kaku pada otot usai melakukan olahraga. Lakukanlah pendinginan, misalnya dengan berjalan santai selama 5-10 menit.

sumber : Heloosehat.com

https://lingshenyao.id/cara-mengobati-benjolan-dileher/

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here