Akibat Olahraga Yang Berlebihan

0
97
Olahraga Berlebihan

Seputarherbal.com – Olahraga adalah aktifitas yang sangat bagus untuk kesehatan, apalagi jika kita melakukannya dengan rutin pasti tubuh akan selalu terjaga kebugarannya. Tapi , anda harus menghindari olahraga berlebihan, karena bisa berdampak buruk bagi tubuh kita.

Mungkin dari anda ada yang sedang olahraga dengan keras untuk mencapai tubuh yang ideal atau tujuannya tercapai, ternyata itu adalah tindakan yang salah. Menjalani olahraga yang berlebihan justru akan membuat energi tubuh akan terkuras dan berisko terkena penyakit.

Ada beberapa akibat yang akan terjadi jika melakukan olahraga secara berlebihan, dan akibat ini di bedakan menjadi 2 kategori. Ada akibat jangka pendek dan jangka panjang , berikut dibawah ini ulasan lengkapnya :

1.Dampak Jangka Pendek

Kelelahan

Olahraga secara berlebihan tidak akan membuat tubuh bugar, melainkan akan membuat tubuh anta cepat terkuras. Sehingga anda akan merasa kelelahan, bahkan tidak bisa melakukan aktivitas lainya, karena tenaga telah terkuras habis.

Nyeri Otot

Otot-otot di sekujur tubuh akan terasa nyeri, bahkan bisa jadi terjadi cedera otot jika menjalani olahraga yang terlalu berlebihan. Seandainya anda sedang latihan kardio, lebih baik beri waktu sejenak agar tubuh bisa istirahat dulu, kemudian bisa di lanjutkan kembali.

Sakit Punggung

Jika anda melakukan olahraga berupa sit-up, back-up ataupun gerakan lainya yang melibatkan otot punggung dan di lakukan secara berlebihan. Maka akan menyebabkan sakit punggung, karena tulang punggung di berikan tekanan yang lebih besar secara terus menerus.

Susah Tidur

Insomnia dirasakan seseorang, bisa jadi akibat olahraga yang terlalu berlebihan. Hal ini terjadi karena tubuh akan memproduksi kortisol sehingga membuat anda stres dan tidak mau mengantuk bahkan sulit untuk tidur.

Artikel Terkait :

2.Dampak Jangka Panjang

Melemahnya Sistem Kekebalan Tubuh

Jika kamu sering susah tidur akibat olahraga, maka sistem kekebalan tubuh akan menurun. Jika hal itu terjadi, maka anda akan mudah untuk terserang penyakit, seperti sakit kepala, batuk, demam, dan bisa jadi muncul penyakit yang lebih berat.

Osteoarthritis

Penyakit ini adalah peyakit sendi, atau kondisi dimana terjadi pembengkakan pada sendi di dalam tubuh. Hal ini bisa saja terjadi jika anda sering melakukan olahraga secara berlebihan.

Mengganggu Kesehatan Jantung

Olahraga yang berlebihan akan berdampak pada kesehatan jangtung, apalagi jika tidak diimbangi dengan mengonsumsi nutrisi yang cukup. Jantung anda akan melemah dan bersiko mengalami serangan jantung.

Baca Juga : Olahraga untuk penderita penyakit jantung

Gangguan Menstruasi

Khususnya bagi para wanita, ini adalah salah satu alasan menstrusi telat atau terganggunya siklus haid. Ternyata olahraga yang berlebihan bisa menyebabkan gengguan pada menstruasi.

Gangguan Seksual Pada Pria

Olahraga berlebihan bisa memicu terjadinya hipogonadisme, yaitu kondisi dimana menurunnya jumlah hormon seksual . Yang akan membuat ereksi menjadi sulit, dan membuat produksi jumlah sperma menjadi sedikit.

Jadi, jika anda ingin berolahraga sebaiknya lakukan pada batas normal saja seperti pada umumnya.

https://lingshenyao.id/pengobatan-kelenjar-getah-bening/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here