Obat-Obatan untuk Mengatasi Gejala Asam Urat

0
79

Seputarherbal.com – Asam urat merupakan suatu jenis penyakit yang menyebabkan rasa sakit, bengkak dan kemerahan yang secara tiba-tiba menyerang persendian pada tubuh anda. Bagian yang sering terkena asam urat adalah jari-jari pada kaki terutama pada jempol. Tapi bagian sendi lainnya seperti lutut, pergelangan kaki dan telapak kaki juga tak luput dari serangan asam urat. Penyakit asam urat bisa menjadi penyakit yang kronis atau bisa disebut dengan asam urat akut. Hal ini bisa dicegah dengan mengubah pola hidup menjadi pola hidup sehat.

Asam urat mungkin tidak dapat disembuhkan secara total. Namun meskipun begitu, asam urat bisa dicegah agar tidak kambuh lagi. Selain dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, ada beberapa obat yang dapat dikonsumsi untuk meringankan gejala asam urat dan mencegahnya agar tidak kambuh. Ini dia obat asam urat yang bisa anda coba :

  • Obat Anti Inflamasi Non-Steroid (NSAID)

Obat anti radang atau anti inflamasi nonsteroid ini mungkin akan bertambah terus dosisnya ketika asam urat yang kambuh semakin parah. Perlu anda ketahui obat ini juga memiliki efek samping yang mengganggu seperti sakit perut dan pendarahan pada sistem pencernaan.

Contoh obat asam urat ini yaitu, ibuprofen (Motrin, Advil dsb), diclofenac, celecoxib (Celebrex), naproxen sodium (Aleve), etoricoxib, serta resep yang lebih kuat dalam NSAID seperti indometachin (Indocin).

Baca Juga : Cara Mencegah Penyakit Asam Urat Secara Alami

  • Colchicine

Colchicine merupakan obat untuk meredakan nyeri pada sendi. Obat ini sangat efektif dalam meredakan nyeri. Dosis obat tergantung pada keparahan gejala asam urat yang diderita. Tentunya obat ini memiliki efek samping yang cukup mengganggu. Diantaranya adalah, mual, muntah dan diare. Dokter akan memberikan resep colchicine dengan dosis rendah untuk asam urat yang ringan.

  • Steroid

Obat ini digunakan jika colchicine dan NSAID tidak ampuh untuk mengatasi gejala asam urat. Steroid umumnya tersedia dalam bentuk suntikan maupun oral yang dapat langsung dimasukkan ke persendian. Contoh obat ini yaitu, prednisone dan methyprednisone.

  • Obat Penghambat Produksi Asam Urat

Obat yang membantu dalam memperlambat tubuh untuk meproduksi asam urat adalah allopurinol, febuxostat dan xanthine oxidase inhibitor (XOIs). Selain itu, obat ini dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Efek samping yang ditimbulkan dari mengkonsumsi obat-obatan tersebut adalah mual, ruam pada kulit, penurunan fungsi hati, dan berkurangnya jumlah darah.

https://lingshenyao.id/obat-herbal-miom/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here