Home Kesehatan Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kiri

Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kiri

0
49

Seputarherbal.com – Nyeri Punggung Kiri. Sakit atau nyeri punggung merupakan berbagai macam gejala berupa rasa sakit yang menusuk, dan dapat disertai rasa perih atau kesemutan. Rasa sakit ini bisa menjalar dari punggung ke bokong, paha, bahkan hingga kaki dan bisa terasa intens atau kuat namun tidak terlalu lama. Meskipun begitu, pada tingkat nyeri yang tidak intensif bisa jadi berlangsung selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

Sakit punggung sebelah kiri atau bagian lainnya dapat disebabkan karena beberapa hal, seperti cedera otot, tegang otot, osteoarthritis, terlalu banyak beraktifitas, dan lain sebagainnya.

Awalnya rasa nyeri yang dirasakan tidak terlalu parah, hingga pada akhirnya menjadi rasa sakit yang luar biasa dan dapat menyebabkan masalah jangka panjang. Jika Anda terlalu sering melakukan aktifitas fisik seperti olahraga ekstra atau kegiatan berat lainnya, ternyata hal tersebut dapat memicu nyeri punggung.

Agar dapat mengatasinya dengan tepat, penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab dari nyeri punggung tersebut. Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan nyeri punggung sebelah kiri :

Baca Juga : Penyebab Nyeri Punggung saat Hamil Muda

  • Punggung Tegang dan Keseleo

Punggung tegang atau keseleo dapat memengaruhi bagian punggung manapun, baik punggung sebelah kiri, kanan, atas, atau bawah. Jenis cedera ini biasanya akan menyebabkan rasa sakit yang semakin parah jika tubuh Anda bergerak. Gejala yang dirasakan berupa kram otot, kesulitan untuk berdiri, berjalan, maupun membungkuk.

  • Sakit Punggung Akut

Sakit punggung akut merupakan rasa sakit jangka pendek yang dapat disebabkan oleh beberapa jenis cedera pada bagian punggung. Selain itu, radang sendi (arthritis) juga dapat menyebabkan sakit punggung akut. Gejala yang dirasakan dapat berlangsung beberapa hari hingga beberapa minggu.

  • Sciatica

Sciatica merupakan rasa sakit yang menjalar di sepanjang jalur saraf skiatik. Saraf ini memiliki cabang di punggung bawah yang melewati pinggul, bokong, dan kaki. Skiatika dapat menimbulkan gejala, seperti rasa sakit ringan, mati rasa, lemah otot, sensasi kesemutan di tungkai kaki, hingga rasa sakit yang ekstrim. Gejala-gejala ini akan semakin parah ketika pengidap batuk, bersin, ataupun duduk terlalu lama.

  • Sakit Punggung Bagian Atas dan Tengah

Penyebab sakit punggung bagian atas dan tengah adalah akibat postur tubuh yang buruk, seperti kebiasaan membungkuk, cedera otot atau ligamen, fraktur (patah tulang), dan lainnya. Selain itu, kondisi ini juga dapat terjadi kerika seseorang melakukan aktifitas yang berlebihan. Gejala yang dirasakan berupa rasa nyeri seperti terbakar atau ditusuk-tusuk, otot kaku, lengan atau tungkai lemah, dan mati rasa di bagian kaki, lengan, atau paha. Sakit punggung ini juga dapat menyebabkan sakit punggung di sebelah kiri. Pasalnya, rasa sakit yang menjalar sesuai dengan kerusakan saraf yang terkena.

Obat Herbal Endometriosis dan Menopause