Pertanda Nyeri Haid Yang Berlebihan !!!! Bisa Jadi

0
203
nyeri haid berlebihan

Seputarherbal.com – Memang merasakan sakit pada saat haid itu adalah hal yang wajar, karena hal ini terjadi akibat kontraksi pada otot – otot rahim yang sedang bekerja. Tetapi bila sering nyeri haid berlebihan bisa jadi pertanda dari penyakit lain yang berbahaya.

Untuk itu kita harus mengetahui dulu dari awal apakah rasa sakit saad haid ini sakit yang normal atau ada indikasi dari penyakit lain. Simak ulasannya ;

Radang panggul

Radang panggul adalah kondisi yang sering dialami oleh banyak wanita, gejalanya akan merasakan nyeri di bagian perut bawah dan disertai demam. Hal ini di sebabkan karena adanya peradangan yang terjadi di dekat saluran kemih, bahkan air kencing pun akan berwarna hijau. Bila anda merasakan gejala ini saat haid maka segera berobat, jika dibiarkan akan menyebabkan infeksi dan bisa mendatangkan penyakit kencing nanah.

Fibroid

Fibroid ini adalah adanya tumor jinak pada saluran kemih. Jika anda nyeri haid berlebihan dan disertai darah yang banyak sampai berminggu-minggu, ini bisa jadi anda terkena fibroid. Tumor jinak biasanya menyerang pada wanita yang berusia 30 tahun keatas dan ukuran tumornya bisa sebesar biji jeruk atau apel. Bila ada gejala sepertu itu maka disarankan anda segera melakukan pemeriksaan secepatnya.

Dismenore sekunder

Penyakit ini di sebabkan oleh gangguan pada organ reproduksi wanita. Bisa jadi karena kista ovarium ,mioma, kelainan organik dalam serviks, atau bisa jadi akibat penggunaan alat kontrasepsi. Sakit yang di rasakan bila terkena dismenore sekunder biasanya dirasakan lebih awal sebelum siklus menstruasi dan akan menghilang setelah menstruasi selesai.

Endometriosis

Penyakit yang satu ini terjadi dimana tumbuhnya lapisan di diluar organ reproduksi. Memang belum dapat di jelaskan secara pasti penyakit ini dan kondisinya pun sulit untuk di diagnosis. Mengingat gejalanya yang sangat mirip dengan rasa nyeri saat haid, maka untuk mengetahuinya harus dilakukan dengan pengecekan medis.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here