Home Kesehatan Beberapa Hal yang Menyebabkan Nyeri Dada Sebelah Kiri

Beberapa Hal yang Menyebabkan Nyeri Dada Sebelah Kiri

0
12

Seputarherbal.com – Nyeri Dada Sebelah Kiri Atas. Ketika Anda mengalami nyeri dada di sebelah kiri atas, mungkin Anda langsung merasa waswas, takut, dan berpikir macam-macam. Pasalnya, nyeri dada sebelah kiri sering kali dikaitkan dengan serangan jantung yang dapat membahayakan nyawa, sehingga Anda tidak dapat mengabaikan kondisi ini begitu saja. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui gejala lainnya agar dapat mengeathui kondisi jantung Anda.

Apabila nyeri dada yang Anda alami memang merupakan masalah jantung, maka Anda harus segera mendapatkan penanganan. Meskipun begitu, ada beberapa penyebab lainnya yang tidak memerlukan perawatan. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui berbagai kondisi yang dapat menyebabkan nyeri dada di sebelah kiri, sehingga Anda akan dengan mudah mendapatkan perawatan sekaligus mengurangi risiko terjadinya suatu kondisi yang mengancam nyawa. Lantas, apa saja yang menyebabkan rasa nyeri pada dada sebelah kiri? Simak ulasan di bawah ini.

Berikut ini beberapa kondisi yang dapat menyebabkan nyeri dada sebelah kiri :

  • Serangan Jantung

Serangan jantung merupakan suatu kondisi di mana otot jantung mengalami kerusakan karena tidak mendapatkan cukup darah yang kaya akan oksigen. Gejala umum yang paling sering terjadi ketika mengalami serangan jantung adalah nyeri dada sebelah kiri yang terjadi secara tiba-tiba dengan rasa sakit uang luar biasa. Nyeri dada ini terjadi akibat adanya tekanan atau remasan di dalam rongga dada.

Dalam beberapa kasus, penderita serangan jantung juga dapat merasakan sensasi panas dan nyeri pada bagian tubuh sebelah kiri. Selain itu, gejala lain yang dapat dirasakan adalah, lengan kiri terasa kaku, nyeri, dan terasa seperti ditusuk-tusuk atau sensasi lainnya. Gejala tersebut juga dapat dirasakan pada lengan sebelah kanan. Pada konsisi ini, lengan juga akan terasa lemah, pegal, atau terasa lebih berat dari biasanya.

Baca Juga : Waspadai Gejala Serangan Jantung yang Sering Terjadi

  • Angina

Anginga bukan merupakan suatu jenis penyakit, namum merupakan suatu gejala dari penyakit jantung, seperti penyakit jantung koroner. Angina merupakan suatu kondisi dimana dada terasa nyeri dan tidak nyaman, atau sensasi tertekan yang terjadi ketika jantung tidak mendapatkan cukup oksigen dari darah. Kondisi mengakibatkan menipisnya oksigen yang di bawa ke jantung untuk memompa darah.

  • Miokarditis

Nyeri dada sebelah kiri juga dapat terjadi akibat otot jantung Anda mengalami peradangan yang disebabkan oleh virus. Selain nyeri dada, miokarditis juga dapat menimbulkan gejala berupa sesak napas, irama jantung tidak normal atau artimia, serta kelelahan.

HARGA OBAT Kanker & Tumor Teregistrasi BPOM