Penyebab Perut Mudah Merasa Lapar

0
21

Seputarherbal.com – Biasanya, rasa lapar akan mendatangi seseorang tiap 3-4 jam setelah makan. Rasa lapar ini akan meningkat seiring berjalannya waktu, jika Anda tidak mengonsumsi apapun. Meskipun begitu, mungkin Anda pernah mengalami kondisi ketika baru saja makan, tetapi tetap merasa lapar. Ada beberapa penyebab mudah lapar dan lemas, padahal Anda baru saja makan. Apa saja itu? Simak ulasan di bawah ini.

Pada dasarnya, tubuh memerlukan energi agar dapat berfungsi dengan baik, dan energi tersebut berasal dari makanan yang Anda konsumsi. Maka dari itu, jika perut terasa lapar beberapa jam setelah makan adalah hal yang wajar. Namun apabila perut masih terasa lapar bahkan setelah makan, itu artinya ada sesuatu yang salah dengan kesehatan tubuh Anda. Pasalnya, tidak setiap rasa lapar berarti Anda harus makan. Bisa jadi rasa lapar yang Anda alami merupakan gejala dari beberapa kondisi ini :

  • Dehidrasi

Terkadang, rasa haus dan lapar memang sulit dibedakan, sehingga sering kali rasa haus diartikan menjadi rasa lapar. Hal ini terjadi karena, bagian otak yang mengatur nafsu makan dan minum (hipotalamus) mengalami kebingungan. Maka dari itu, untuk mencegah kebingungan sebaiknya Anda mencukupi kesbutuhan cairan di dalam tubuh. Jika Anda merasa lapar tetapi belum banyak minum, cobalah untuk minum segelas air dan tunggu selama beberapa menit untuk memastikan apakah rasa lapar Anda menghilang.

  • Kurang Tidur

Kurang tidur pada dasarnya dapat berdampak pada kondisi kesehatan Anda, salah satunya adalah membuat Anda mudah lapar dan lemas. Hal ini disebabkan karena, kurang tidur dapat menyebabkan kadar ghrelin, yakni hormon yang merangsang napsu makan. Maka dari itu, ketika seseorang memiliki tidur yang kurang, maka Ia akan merasa kelelahan ketika bangun tidur. Akibatnya, tubuh akan sangat membutuhkan energi, sehingga memicu hasrat untuk mengonsumsi makanan yang mengandung gula.

  • Stres

Selain kurang tidur, stres juga merupakan suatu kondisi yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda, termasuk membuat Anda mudah merasa lapar. Hal ini disebabkan karena, ketika Anda merasa tegang atau gelisah, maka tubuh akan menghasilkan hormon kortisaol dan adrenalin yang akan menguras energi. Akibatnya, nafsu makan Anda dapat meningkat.

Baca Juga : Tips Menghilangkan Stres yang Berlebihan

  • Diabetes

Setiap makanan yang masuk kedalam tubuh, maka kandungan gula yang terdapat di dalamnya akan diubah menjadi bahan bakar bernama glukosa yang akan beredar ke aliran darah. Namun pada penderita diabetes, glukosa tersebut tidak dapat menjangkau sel-sel tubuh lantaran terganggunya fungsi insulin. Hal ini menyebabkan glukosa menumpuk di dalam darah dan sebagian dapat dikeluarkan lewat urin. Akibatnya, tubuh akan terasa lemas seperti kekurangan energi, sehingga cepat merasa lapar.

https://lingshenyao.id/obat-pencegah-kanker/