Home Kesehatan Modifikasi Terapi Imun untuk Pasien Kanker

Modifikasi Terapi Imun untuk Pasien Kanker

0
95

Seputarherbal.com – Modifikasi terapi imun untuk penyakit kanker merupakan metode pengobatan selain kemoterapi atau radioterapi pada penderita kanker. Pertanyaannya adalah, seberapa efektif kah pengobatan terapi imun untuk mengobati kanker? Dan apa saja efek samping yang akan ditimbulkan? Dalam arikel ini kita akan membas efek samping dari pengobatan terapi imun.

Tingkat keberhasilan dari metode pengobatan terapi imun, bergantung pada tingkat sel kekebalan tubuh pasien. Sel kekebalan yang terdapat di area tumor, berperan penting dalam melihat respon tubuh terhadap terapi imun. Maka dari itu, tidak semua pasien kanker dapat merespon metode pengobatan ini dengan baik. Hal ini disebabkan karena, setiap individu memiliki sel kekebalan tubuh yang berbeda. Selain itu, sel kanker yang berada di dalam tubuh masing-masing penderita pun berbeda. Meskipun begitu, hingga saat ini, modifikasi terapi umum dapat ditoleransi dengan baik dan dapat berlanjut tanpa batas waktu. Namun terdapat beberapa efek samping yang ditimbulkan dari pengobatan terapi imun. Antara lain :

  • Gangguan Autoimun

Pengobatan terapi imun tidak menargetkan pada semua sel di tubuh Anda. Akan tetapi, pengobatan ini hanya menargetkan dan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh pada pasien kanker. Jika hal tersebut terjadi ketika terapi imun, maka memungkinkan terjadinya serangan terhadap jaringan atau organ sehat dalam tubuh, seperti radang paru-paru, radang usus, radang hati, kelainan endokrin, radang mata dan nyeri sendi.

  • Kelelahan

Tubuh yang lelah merupakan efek samping paling umum dari pengobatan terapi imun. Pasalnya, pasien harus menjalani berbagai macam perawatan. Maka dari itu, penderita kanker yang hendak melakukan pengobatan ini harus membiasakan diri dan melatih tubuh, seperti melakukan olahraga ringan. Selain itu, pasien juga harus mengonsumsi air secukupnya dan megonsumsi makanan yang disarankan oleh dokter. Hal tersebut dilakukan agar daya tahan tubuh pasien kuat dan tidak mudah lelah.

Baca Juga : Pengobatan Kanker Dengan Pohon Patah Tulang

  • Masalah pada Kulit

Pengobatan terapi imun juga dapat menimbulkan reaksi pada kulit, seperti kulit yang memerah, bengkak dan gatal. Agar peradangan pada kulit tidak semakin parah, sebaiknya Anda menggunakan sabun yang memiliki pH seimbang atau sabun yang tidak mengandung pewangi dan pewarna. Gunakanlah pelembab sehabis mandi, biasanya dokter akan memberikan resep krim agar kulit cepat sembuh dari peradangan.

  • Gejala seperti Flu

Gejala yang mirip dengan gejala flu, seperti mual, pusing, sakit kepala dan lemas mungkin dirasakan oleh pasien dengan pengobatan terapi imun. Hal tersebut disebabkan oleh obat dari terapi imun tersebut. Gejala lain yang dapat ditimbulkan dari pengobatan ini adalah terjadinya diare dan batuk kering. Untuk mengatasi keadaan tersebut, Anda dapat meminta pertolongan dokter.

https://lingshenyao.id/jual-obat-kanker-herbal-ling-shen-yao/