Mitos Diabetes Mellitus Di Mata Masyarakat

0
68
mitos diabetes mellitus

Seputarherbal.com – Diabetes mellitus merupakan kumpulan gejala yang timbul pada seseorang yang disebabkan karena peningkatan kadar glukosa darah, akibat kekurangan insulin baik absolut ataupun relatif.

Terdapat beberapa jenis diabetes mellitus yaitu tipe satu, tipe dua, tipe lain, dan gestasional.

Penyakit diabetes mellitus tipe satu adalah penyakit autoimun. Hingga sampai kini penyakit tersebut belum diketahui apa penyebabnya juga bukan merupakan penyakit keturunan. Pada penderita diabetes tipe satu, sel beta akan hancur sehingga insulin sedikit atau sama sekali tidak akan berfungsi. Biasanya diabetes tipe satu ini menyerang penderita berusia muda, kadar insulin rendah, dan juga cenderung kurus.

Sementara itu, penderita diabetes tipe dua biasanya akan diderita pasien pada usia sekitar 40 tahun ke atas, kadar insulin tinggi, dan cenderung gemuk.

Gejala diabetes mellitus di antaranya adalah badan sangat mudah letih, kesemutan pada jari tangan hingga kaki, gatal-gatal, penglihatan kabur, gairah seks menurun, luka sulit untuk sembuh, dan infeksi secara berulang.

Komplikasi diabetes antara lain adalah penyakit jantung koroner, stroke, penyumbatan pembuluh darah, jantung, hingga gangguan fungsi ginjal dan pengurangan penglihatan.

Untuk mencegah diabetes, dapat dilakukan dengan cara olahraga, pembatasan asupan kalori dan pengurangan berat badan.

Olahraga dan juga pembatasan kalor akani berefek positif pada tingkat sensitivitas insulin. Di samping itu juga olahraga bermanfaat positif untuk mengatur keseimbangan glukosa dalam tubuh atau glukoregulasi.

Artikel terkait : Pencegahan diabetes

Ada banyak mitos tentang diabetes yang beredar di tengah masyarakat. Kendati itu belum tentu benar, sebagian masyarakat mempercayainya.

Mitos pertama, diabetes bukanlah penyakit yang serius

Padahal pada faktanya diabetes menyebabkan jumlah angka kematian lebih tinggi daripada kanker payudara dan AIDS sekaligus. Diabetes juga dapat meningkatkan risiko hampir dua kali lipat untuk terserang serangan jantung.

Tidak ada istilah diabetes yang ringan, karena semua tipe diabetes dapat meningkatkan komplikasi yang serius bila tidak diperhatikan dengan baik.

Mitos kedua, diabetes dapat dicegah

Faktanya adalah tidak semua diabetes dapat dicegah. Diabetes tipe satu merupakan kelainan dari autoimun sehingga tidak dapat dicegah. Sementara untuk risiko terjadinya diabetes tipe dua dapat berkurang 58 persen dengan olahraga dan pola makan sehat.

“Namun ada juga faktor risiko diabetes tipe dua yang tidak dapat Anda dicegah yakni faktor keturunan,” terangnya.

Mitos ketiga, pasien diabetes juga dapat merasakan jika gulanya rendah atau terlalu tinggi

Sedangkan faktanya gula darah yang terlalu tinggi kadang bisa dirasakan seperti buang air kecil ataupun rasa haus berlebihan, begitu juga gula darah rendah dapat dirasakan dengan seperti rasa lapar, keringat dingin, mual ataupun pusing. Namun, semua itu tidak selalu dirasakan oleh penderita diabetes. Untuk itu penting sekali untuk melakukan pemeriksaan gula darah secara rutin.

Mitos keempat, diabetes diturunkan secara menyilang

yakni dari ayah ke anak perempuan ataupun dari ibu ke anak laki-laki. Padahal pada faktanya, baik anak perempuan dan anak laki-laki memiliki risiko yang sama apabila orang tuanya merupakan penderita diabetes.

“Keluarga juga bukan merupakan satu-satunya faktor risiko, karena diabetes bisa dihindari dengan menjaga gaya hidup dan pola makan yang sehat

Mitos kelima, ada dua diabetes yaitu tipe basah dan tipe kering

Tidak ada istilah diabetes tipe basah maupun kering. Istilah itu muncul karena anggapan bahwa pada penderita diabetes terjadi penurunan berat badan yang cukup drastis (kering), karena gula tidak dapat diubah oleh insulin menjadi energi pada tubuh. Sedangkan untuk istilah diabetes tipe basah muncul karena penderita diabetes seringkali mengalami luka yang sulit sembuh dan juga bernanah.

https://lingshenyao.id/gejala-kanker-serviks/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here