Mioma Uteri – Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

0
152

Seputarherbal.com – Mioma uteri merupakan salah satu jeins tumor jinak yang paling umum terjadi pada sistem reprsukdi wanita. Menurut letaknya, mioma uteri dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu mioma intramural, mioma subserosa, dan mioma submukosa. Mioma submukosa sendiri memiliki tiga klasifikasi, yaitu mioma subkosa dengan pedunkula bertangkai (mioma geburt). Dua lainnya adalah mioma submukosa tanpa pedunkula yang >50% ekspansi ke intramural, dan mioma submukosa tanpa pedunkula yang ≤50% ekspansi ke intramural.

Seorang wanita yang mengalami mioma uteri , dapat memiliki lebih dari satu buah miom di dalam rahimnya. Selain itu, gejala yang dapat muncul pada penderita sendiri tergantung seberapa besar ukuran, lokasi, dan jumlah tumor yang terdapat pada rahim.

Gejala Mioma Uteri

Umumnya, miom justru tidak menimbulkan gejala apapun pada penderitanya. Akan tetapi, jika muncul gejala, penderita dapat mengalami pendarahan yang banyak pada saat menstruasi dan berlangsung lebih dari seminggu. Gejala lain yang dapat dialami adalah nyeri perut bagian bawah, dan sering buang air kecil atau beser.

Baca Juga : Tahukah Anda, 3 Gejala Miom Ini Sering Tidak Disadari

Penyebab Mioma Uteri

Sebenarnya, penyebab miom sendiri masih belum diketahui secara pasti. Meskipun begitu, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko munculnya miom. Salah satu penyebabnya adalah adanya peningkatan hormon estrogen, seperti pada siklus menstruasi atau masa kehamilan.

Sementara itu, faktor yang dapat meminimalisir risiko terjadinya miom adalah riwayat melahirkan. Pasalnya, wanita yang pernah melahirkan cenderung memiliki risiko lebih rendah untuk menderita miom.

Pengobatan Mioma Uteri

Pada dasarnya, mioma yang berukuran kecil dan tidak menimbulkan gejala, tidak memerlukan pengobatan khusus, sebab dapat menyusut dan menghilang dengan sendirinya. Meski begitu, penderita harus tetap menjalani pemeriksaan rutin untuk memantau perkembangan mioma.

Sementara itu, apanila mioma yang diderita menimbulkan gejala, maka diperlukan pengobatan berupa terapi hormon guna mencegah perkembangan miom dan meredakan gejalanya. Bahkan, jika memang diperlukan, dokter akan menganjurkan untuk melakukan operasi pengangkatan miom.

Komplikasi Mioma Uteri

Meskipun jarang terjadi, mioma juga dapat menimbulkan komplikasi pada penderita. Komplikasi yang dapat timbul, antara lain adalah kemandulan, anemia, dan gangguan saat hamil akibat adanya miom.

Pencegahan Mioma Uteri

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar terhindar dari mioma uteri. Diantaranya adalah, dengan menjaga berat badan agar tetap dalam batas ideal dan tidak mengalami obesitas, batasi konsumsi alkohol dan daging merah, dan memperbanyak konsumsi sayuran hijau.

https://lingshenyao.id/obat-miom-alami/