Penyebab Munculnya Miom di Rahim

0
51

Seputarherbal.com – Miom di Rahim. Sebagian perempuan pernah memiliki miom di sekitar rahim mereka. Lantas, apa itu miom? Miom atau mioma uteri adalah kondisi di mana adanya pertumbuhan sel tumor di dalam atau di sekitar uterus atau rahim. Meski begitu, penyakit ini bukanlah penyakit yang bersifat ganas (non-kanker), sebab tumor yang tumbuh merupakan tumor jinak. Kondisi ini terjadi akibat sel otot pada rahim tumbuh secara abnormal.┬áMiom juga dapat terjadi pada wanita yang tengah hamil. Kasus ini sering terjadi pada wanita berusia 30 s/d 40 tahun.

Baca Juga : 7 Hal Seputar Miom: Apa itu Miom ?

Miom juga dapat tumbuh dengan ukuran yang bervariasi dengan pola pertumbuhan yang bervariasi pula. Ada yang tumbuh secara perlahan, cepat, atau bahkan berhenti tumbuh di tahap tertenu. Selain itu, beberapa miom juga dapat menyusut dan menghilang dengan sendirinya. Kondisi ini umumnya dialami oleh wanita yang berada dalam masa kehamilan. Umumnya, miom tersebut dapat hilang setelah melahirkan seiring dengan ukuran uterus yang kembali normal.

Apa Penyebab Munculnya Miom di Rahim?

Hingga saat ini, masih belum diketahui mengenai penyebab pasti tumbuhnya miom rahim. Namun, beberapa riset menunjukan bahwa kondisi ini menunjukan kaitan pada pertumbuhan miom dan tingginya kadar hormon estrogen dan progesteron pada tubuh wanita. Kedua hormon tersebut merupakan hormon yang memicu perkembangan dinding rahim saat menstruasi dan menjelang kehamilan. Riset tersebut juga menunjukan bahwa ukuran miom cenderung akan menyusut setelah masa menopause.

Faktor Risiko Miom Rahim

Pada dasarnya, wanita yang berada di usia reproduksi, yakni usia setelah pubertas sampai sebelum menopause, berisiko memiliki miom pada rahim mereka. Selain itu, ada pula faktor lain yang dapat meningkatka risiko seorang wanita memiliki mioma di rahim, antara lain :

  • Faktor genetik (turunan), di mana Ibu atau saudara perempuan Anda juga memiliki riwayat miom pada rahim, sehingga ada pun berisiko tinggi memilikinya.
  • Obesitas atau kegemukan.
  • Pola makan buruk.
  • Penggunaan KB.
  • Kekurangan vitamin D.

Apakah miom Rahim Berbahaya?

Miom rahim sendiri tersusun atas jaringan otot yang sama dengan otot rahim lainnya. Oleh sebab itu, miom pada rahim bersifat non-kannker. Namun, pertumbuhannya tidak normal dan teksturnya lebih padat daripada otot rahim biasa.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa miom tumbuh dengan ukuran yang bervariasi. jika ukuran miom cenderung kecil, maka tidak berbahaya dan tidak menimbulkan gejala apapun. Namun, jika ukurannya sudah mulai membesar, maka penderita dapat merasakan gejala yang cukup mengganggu, sehingga membutuhkan penanganan dokter.

https://lingshenyao.id/obat-miom-herbal/