5 Minuman Ini Harus Dihindari saat Berpuasa

0
6

Seputarherbal.com – Waktu sahur merupakan waktu dimana orang-orang yang akan berpuasa mengisi energi dan mencukupi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tak jarang seseorang meminum banyak air agar tidak dehidrasi selama puasa. Hal tersebut memang wajar terjadi, lantaran selama berpuasa tubuh cenderung kekurangan cairan, apalagi 60 persen tubuh manusia terdiri dari air. Meminum minuman yang sehat saat sahur dapat mencegah dehidrasi dengan cara yang efektif. Namun, terdapat beberapa minuman yang harus dihindari saat akan berpuasa. Apa saja minuman tersebut? Simak ulasan dibawah ini.

Baca Juga : Manfaat Minum Air Hangat saat Sahur

  • Teh

Siapa sangka minuman nikmat yang digemari banyak orang ini justru merupakan minuman yang tidak dianjurkan saat sahur maupun berbuka? Hal tersebut disebabkan karena teh diketahui mengandung zat diuretika yang dapat menambah pembentukan urin, sehingga apabila Anda meminumnya ketika sahur, dapat menyebabkan Anda menjadi sering buang air kecil yang pastinya cukup mengganggu. Zat tersebut juga dapat memudahkan melarutkan garam dan mineral, serta zat elektrolit di dalam tubuh.

  • Minuman Berkafein

Selain teh, minuman lainnya yang mengandung kafein, seperti kopi dan coklat juga merupakan minuman yang harus dihindari saat sahur dan berbuka. Hal tersebut disebabkan karena, kafein dapat memicu rasa haus yang berlebihan, sehingga dikhawatirkan akan menyebabkan dehidrasi.

  • Minuman Manis

Minuman manis memang nikmat, apalagi jika menyantapnya saat sahur dan berbuka. Namun, minuman manis mengandung banyak gula yang dapat berakibat buruk terhadap kesehatan Anda. Anda perlu menakar gula kedalam minuman Anda agar tidak terlalu manis dan malah berdampak buruk untuk kesehatan. Mengonsumsi minuman manis saat sahur juga dapat mengganggu produktifitas Anda di siang hari, seperti menyebabkan ngantuk, dan lelah dalam menjalankan ibadah puasa.

  • Susu Tinggi Lemak

Baik ketika sahur dan berbuka, sebaiknya Ana tidak mengonsumsi susu, apalagi susu yang mengandung lemak tinggi. Hal tersebut disebabkan karena, susu yang mengandung lemak tinggi dapat membuat asam lambung Anda meningkat, sehingga perut akan terasa mual dan kebung. Jika Anda ingin mengonsumsi susu saat sahur atau berbuka, sebaiknya Anda selingi terlebih dahulu dengan makanan lain.

  • Minuman Bersoda

Mungkin jarang ada orang yang minum soda ketika sahur, akan tetapi ketika waktu berbuka mungkin banyak orang yang menghilangkan dahaga dengan meminum soda. Namun, minum soda disaat berbuka pun sama sekali tidak baik untuk kesehatan. Hal tersebut disebabkan karena, minuman bersoda mengandung gas karbondioksida yang membuat perut menjadi kembung dan begah. Selain itu, minuman bersoda juga dapat membuat asam lambung naik dan menyebabkan berbagai masalah pecernaan.

https://lingshenyao.id/makanan-pencegah-kanker/