Home Kesehatan Manfaat Minum Susu Bagi Kesehatan

Manfaat Minum Susu Bagi Kesehatan

0
76

Seputarherbal.com – Ada beberapa informasi yang berkembang pada masyarakat umum mengenai dampak negatif minum susu, namun informasi tersebut dinilai tidak akurat. Pasalnya minum susu itu sehat dan baik untuk pertumbuhan anak. Meskipun begitu, konsumsi susu di Indonesia masih sangat rendah.

Susu merupakan produk olahan protein yang berasal dari sapi. Susu juga merupakan minuman yang sangat mudah ditemukan di pasaran. Meskipun susu lebih dikenal dengan hasil perahan sapi, namun saat ini susu sudah banyak didapatkan dari sumber protein lain. Diantaranya adalah, susu kambing, dan susu kedelai yang mengandung protein nabati.

Berikut ini beberapa manfaat minum susu yang perlu Anda ketahui :

  • Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Susu merupakan sumber kalsium yang baik, dimana mineral tersebut penting bagi kesehatan tulang. Kalsium tidak hanya dibutuhkan oleh anak-anak yang masih dalam tahap perkembangan, namun orang dewasa juga membutuhkannya untuk menjaga kesehatan tulang. Hal ini juga berguna untuk mencegah osteoporosis.

Selain baik untuk kesehatan tulang, susu juga bagus untuk menjaga kesehatan gigi. Susu dapat membuat gigi lebih kuat, mencegah kerusakan pada gigi, dan mencegah gigi berlubang. Namun, perlu Anda ketahui bahwa tubuh memerlukan vitamin D untuk dapat menyerap kalsium dengan baik. Jika Anda kekurangan vitamin D, Anda dapat minum susu yang dilengkapi dengan vitamin D, untuk memastikan bahwa tubuh Anda dapat menyerap kalsium dengan baik.

Baca Juga : Susu Sapi Membuat Asam Lambung Naik

  • Menjaga Berat Badan

Studi menunjukan bahwa wanita yang sering minum susu rendah lemak atau susu skim, dapat menurunkan berat badannya lebih banyak dibandingkan mereka yang tak minum. Susu dapat dijadikan minuman pembuka sebelum Anda mengonsumsi makanan. Tambahkan segelas susu rendah lemak saat makan malam, atau minum segelas susu sambil makan buah juga dapat membantu menurunkan berat badan.

  • Memulihkan Otot

Susu memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, dimana hal tersebut dapat membantu membangun kembali otot. Maka dari itu, minum segelas susu setelah berolahraga dapat memulihkan otot setelah lelah beraktivitas. Selain itu, susu juga dapat membantu mencegah membentuk otot, rasa sakit pada perut, serta mengembalikan cairan yang hilang setelah beraktivitas.

  • Memelihara Kesehatan Jantung

Susu sapi merupakan sumber kalium yang baik. Meningkatkan asupan kalium pada tubuh, serta mengurangi asupan sodium dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

  • Mengurangi Stres

Minum susu adalah salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengusir stres setelah lelah seharian. Minum segelas susu hangat akan membantu mengendurkan otot-otot yang tegang dan dapat menenangkan saraf.

Endometriosis: Penyebab, Gejala dan Obat Alami