Home Kesehatan Benarkah Mie Instan Penyebab Usus Buntu?

Benarkah Mie Instan Penyebab Usus Buntu?

0
86

Seputarherbal.com – Benarkah mie instan penyebab usus buntu? Usus buntu merupakan suatu kondisi, dimana terdapat umbai cacing di dalam usus besar. Banyak orang yang percaya bahwa mengonsumsi mie instan dapat menyebabkan usus buntu (appendicitis). Pada dasarnya, appendicitis disebabkan oleh adanya penyumbatan pada saluran usus buntu akibat tinja dan pembengkakan kelenjar usus. Hingga saat ini, belum ada bukti yang menyatakan bahwa mie instan merupakan salah satu penyebab usus buntu sehingga hal tersebut dapat dianggap mitos. Mengonsumsi mie instan secara berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan tubuh, akan tetapi mie instan bukanlah pemicu utama dari terjadinya usus buntu.

Lalu makanan apa saja yang dapat menyebabkan usus buntu? Dalam artikel ini kita akan membahas makanan-makanan yang dapat menyebabkan usus buntu. Baca sampai selesai ya..!

Baca Juga : Kurangi Makan Sosis Untuk Menghindari Kanker Usus

  • Daging Instan

Daging instan, kini telah beredar luas di pasaran. Daging ini diolah dengan cara yang instan dan mengandung pengawet agar dapat tahan lama. Mengonsumsi daging instan tentunya berbahaya untuk kesehatan tubuh, salah satu dampaknya adalah dapat menyebabkan usus buntu. Selain pengawet, daging instan juga kerap diberi tambahan perasa buatan yang dapat meningkatkan kadar karsinoksigen dalam tubuh yang sangat membahayakan organ hati.

  • Daging Unggas yang Disuntik

Selain daging instan, mengonsumsi daging unggas yang disuntik hormon atau vaksin juga dapat menyebabkan usus buntu. Pada dasarnya, daging unggas yang Anda jumpai di pasaran masih berada dalam masa pertumbuhan sehingga belum cukup umur untuk di konsumsi. Namun, karena teknologi semakin canggih, hal tersebut bisa diatasi dengan suntuk vaksin yang membuat unggas lebih besar secara fisik.

  • Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng memang memiliki cita rasa yang lezat, akan tetapi memiliki beberapa dampak buruk untuk kesehatan. Salah satu dampak dari mengonsumsi makanan yang digoreng adalah terjadinya radang usus buntu.

  • Makanan Pedas

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa biji cabai dapat menyebabkan terjadinya usus buntu. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, lantaran biji cabai yang tidak hancur memang dapat menyumbat usus dalam jangka waktu yang cukup panjang sehingga menyebabkan radang usus buntu. Akan tetapi, makanan pedas bukanlah pemicu utama pada kondisi tersebut. Karena bagaimanapun makanan pedas memang dapat menimbulkan gangguan pencernaan yang menyebabkan perut terasa perih, sehingga sulit untuk dibedakan dengan gejala usus buntu.

  • Makanan Rendah Serat

Mengonsumsi makanan dengan serat rendah dan tinggi karbohidrat seperti makanan cepat saji dapat meningkatkan risiko terjadinya radang usus buntu. Tak hanya itu, terlalu banyak mengonsumsi gula dan makanan manis juga dapat menyebabkan sembelit dan meningkatkan pemaparan infeksi, sehingga dapat menyebabkan radang usus buntu.

https://lingshenyao.id/jual-obat-kanker-herbal-ling-shen-yao/