Home Herbal Bagaimana Menghilangkan Tahi Lalat dengan Kapur Sirih?

Bagaimana Menghilangkan Tahi Lalat dengan Kapur Sirih?

0
67

Seputarherbal.com – Menghilangkan Tahi Lalat Dengan Kapur Sirih. Tahi lalat merupakan bintik kecil berwarna cokelat atau kehitaman yang terdapat pada permukaan kulit. Tahi lalat sendiri terbentuk dari sel penghasik zat warna (pigmen) kulit, yakni melanosit secara berkelompok. Tak hanya berwarna coklat atau kehitaman, tahi lalat juga bisa menyerupai warna kulit. Selain warna, bentuknya pun  bermacam-macam, mulai dari bulat, oval, datar, atau menonjol. Tekstur dari tahi lalat pun ada yang halus dan ada yang kasar, bahkan ada yang ditumbuhi dengan bulu.

Sebagian besar tahi lalar adalah bawaan dari lahir, atau baru muncul setelah lahir dalam rentang waktu 25 tahun pertama, yakni usia 0 sampai dengan 25 tahun. Jumlah rata-rata tahi lalat yang tumbuh secara normal adalah 10 hingga 40 buah.

Faktor yang Mempengaruhi Timbulnya Tahi Lalat

Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi munculnya tahi lalat :

  • Faktor genetik atau keturunan
  • Pengaruh hormonal pada wanita usia diatas 40 tahun
  • Sering terpapar sinar matahari tanpa adanya perlindungan

Tahi lalat pada umunya memang tidak berbahaya, namun terkadang tahi lalat dapat berkembang menjadi kanker kulit melanoma. Berikut ini beberapa kondisi yang dapat meningkatkan risiko melanoma. Diantaranya adalah :

  • Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa tahi lalat yang normal berjumlah antara 1 hingga 40 buah. Jika lebih dari 50, maka risiko untuk terkena melanoma semakin tinggi.
  • Sering terpapar sinar matahari tanpa adanya perlindungan.
  • Memiliki tahi lalat yang bentuknya tidak normal, yakni memiliki tepian yang kasar, bentuknya tidak simetris, tidak rata, terdiri dari campuran dua warna atau lebih, berdiameter lebih besar (lebih dari 6 mm).
  • Memiliki anggota keluarga yang mengidap melanoma.
  • Memiliki tipe kulit sensitif yang mudah terbakar akibat sinar matahari.

Baca Juga : Kanker Kulit Melanoma

Bagaimana Menghilangkan Tahi Lalat dengan Kapur Sirih?

Sebenarnya menghilangkan tahi lalat dengan kapur sirih merupakan hal yang tidak mungkin. Pasalnya, tahi lalat sendiri tidak perlu diobati apabila tidak berbahaya. Namun, jika Anda merasa bahwa tahi lalat yang Anda miliki cukup mengganggu, biasanya Anda perlu menganganinya dengan operasi kecil. Bedah kecil untuk menghilankan tahi lalat biasanya menggunakan teknik cauterisation yang memanfaatkan energi panas.

Akan lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter untuk melihat kondisi kulit Anda lebih lanjut. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan, seperti pemeriksaan fisik atau pemeriksaan penunjang seperti tes  biopsi (pengambilan jaringan). Hal tersebut bertujuan untuk menganalisa bagaimana penanganan yang tepat untuk Anda.

Obat Kanker Rahim: Bagaimana Khasiat Obat Herbal Ini?