Beberapa Tips Ampuh Mengatasi Nyeri Asam Urat

0
29

Seputarherbal.com – Asam urat merupakan sejenis penyakit yang menyerang persendian. Asam urat biasanya terjadi pada orang dewasa berusia 40 – 50 tahun. Namun tidak berarti orang yang berusia 20 tahun tidak ada yang terkena asam urat, asam urat bisa menyerang siapa saja. Penyakit ini disebabkan oleh menumpuknya zat purin yang berlebih dalam tubuh. Tingginya kadar purin yang terdapat dalam tubuh akan mengalir ke dalam darah sehingga muncul kristal asam urat. Menumpuknya kristal asam urat pada daerah sendi dapat menyebabkan rasa nyeri dan otot akan terasa linu.

Penderita asam urat kerap merasakan nyeri pada sendi disertai bengkak. Penyakit asam urat memanglah tidak bisa disembuhkan sepenuhnya, akan tetapi gejala asam urat dapat dikendalikan dan rasa nyeri yang dialami bisa diatasi dengan berbagai cara. Berikut ini tips mengatasi nyeri asam urat.

  • Banyak Mengonsumsi Air Putih

Mengonsumsi minuman yang tidak sehat seperti minuman beralkohol ataupun minuman yang mengandung pemanis buatan tentunya akan menaikkan kadar asam urat dalam tubuh sehingga akan mengakibatkan rasa nyeri yang lebih parah.

Penderita asam urat disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak air putih, setidaknya 8 gelas perhari. Air putih dapat melarutkan zat-zat yang tidak terpakai dalam tubuh sehingga dapat dikeluarkan ketika anda buang air kecil. Hal ini tentunya membantu dalam membuang kristal asam urat yang menumpuk dalam tubuh. Selain air putih, anda juga dapat mengonsumsi buah dengan kadar air yang tinggi.

  • Mengonsumsi Jahe

Jahe memiliki kandungan zat anti radang yaitu gingerols dan shogael, sehingga dapat membatu mengatasi asam urat dan meredakan nyeri. Zat tersebut dapat mengurangi penumpukan asam urat dan meredakan peradangan pada sendi akibat menumpuknya zat purin dalam tubuh. Diusahakan untuk mengonsumsi jahe murni daripada minuman jahe yang telah dikemas sedemikian rupa.

  • Atur Pola Makan

Penderita asam urat dianjurkan untuk menghindari makanan-makanan yang mengandung purin tinggi. Apa saja makanan dengan zat purin tinggi? Makanan seperti seafood, kacang-kacangan dan daging merah merupakan jenis makanan yang mengandung zat purin tinggi. Oleh karena itu, bagi anda penderita asam urat diharapkan untuk membatasi konsumsi makanan-makanan tersebut. Konsumsilah makanan yang mengandung antioksidan didalamnya, karena hal tersebut dapat menurunkan kandungan asam urat dalam darah. Contoh makanan tersebut adalah ceri.

Baca Juga : Makanan Pantangan Asam Urat

  • Olahraga Teratur

Olahraga teratur dapat menjauhkan diri anda dari berbagai macam penyakit, tak terkecuali penyakit asam urat. Luangkanlah waktu minimal 30 menit untuk olahraga setiap harinya. Olahraga dapat melatih sendi sehingga akan mengurangi nyeri yang diakibatkan oleh asam urat.

https://lingshenyao.id/cara-mengatasi-kista/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here