Mengenal Purging dan Perbedaannya dengan Breakout

0
15

Seputarherbal.com – Apakah Anda tahu apa itu purging? Ketika Anda menggunakan produk kosmetik atau skin care baru di kulit Anda, maka ada kemungkinan Anda mengalami purging. Kondisi ini ditandai dengan munculnya bintik-bintik merah dan jerawat kecil di wajah setelah beberapa hari menggunakan produk tersebut. Namun, jerawat dan bintik-bintik yang muncul bukanlah akibat dari ketidakcocokan terhadap produk tersebut. Tetapi, itu artinya produk tersebut sedang bekerja sehingga Anda mengalami sesuatu yang dinamakan pruging. Untuk mengenal purging lebih jauh dan membedakannya dengan jerawat biasa, simak ulasan di bawah ini.

Mengenal Purging

Purging merupakan istilah yang dikenal dalam dunia kecantikan. Istilah ini berasal dari kata purge yang artinya pembersihan. Ketika Anda menggunakan produk skin care baru ataupun dalam fase pergantian produk skin care dari yang biasa Anda gunakan sebelumnya, maka kemungkinan mengalami proses  purging. Kondisi ini timbul akibat penggunaan produk yang memiliki kandungan bahan kimia, seperti AHA, BHA, serta produk berjenis peeling, scrub, atau retinoid, yang memiliki kemampuan membersihkan bagian dalam kulit dan memperbaiki lapisan bawah kulit.

Bahan-bahan tersebut dapat mempercepat pertumbuhan sel kulit, sehingga kulit akan nampak seperti bersisik dan memiliki bintik-bintik yang biasanya akan menghilang tanpa adanya fasa kemerahan, pembengkakakan, ataupun peradangan pada kulit.

Baca Juga : Ini Dia Manfaat Kulit Manggis untuk Wajah Berjerawat

Purging sendiri bertujuan untuk membersihkan pori-pori di kulit wajah Anda yang tersumbat akibat minyak berlebih, komedo, dan sel-sel kulit mati yang menumpuk. Hal ini memicu timbulnya jerawat yang menjalar di sekitar wajah dan terlihat parah. Proses ini umumnya terjadi selama 3-4 minggu, tergantung dengan siklus pertumbuhan kulit masing-masing individu. Namun, jika lebih dari 4 minggu dan kondisi kulit Anda belu membaik, maka segeralah untuk menghentikan pengguaan produk kosmetik tersebut.

Perbedaan Purging dan Jerawat Breakout

Berbeda dengan purging yang merupakan proses pembersihan, breakout merupakan kondisi di mana kulit mengalami ketidakcocokan terhadap bahan kimia atau kosmetik tertentu. Kondisi ini ditandai dengan munculnya jerawat, bisul, yang disertai dengan warna kemerah-merahan, bengkak, meradang, dan disertai rasa nyeri.

Biasanya, jerawat yang muncul ketika seseorang mengalami breakout cenderung besar dan menyebabkan kulit mengelupas. Selain dapat terjadi karena ketidak cocokan terhadap produk dan bahan kimia tertentu, breakout juga dapat terjadi akibat gangguan hormon, stres, dan faktor lingkungan.

Cara Mengatasi Purging

Untuk mengatasi purging, Anda bisa mengurangi kandungan bahan kimia yang biasa Anda gunakan. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan panik atau berpikir yang tidak-tidak dulu dengan kondisi kulit berjerawat atau beruntusan yang Anda alami ketika awal-awal menggunakan produk skin care baru. Karena, bisa jadi hal tersebut merupakan proses purging. Namun, apabila hal itu terjadi lebih dari 4 minggu, sebaiknya Anda segera menemui dokter kulit untuk mendapat pemeriksaan lebih lanjut.

TIPS Cara Mengobati Benjolan Di Leher