Mengatasi Nyeri Haid

0
147

Dismenore atau nyeri haid umunya terjadi pada setiap wanita. Namun jika nyeri haid yang berlebihan dapat mengaggu aktifitas anda. Banyak wanita yang mencari cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan. Barikut kami bagikan tips cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan :

Hindari kafein

Cara Mengatasi Nyeri Haid Yang Berlebihan

Kafein ini mengandung vasokonstriktor yang dapat menyempitkan aliran darah dan akan mejadi pemicu rasa sakit. Namun pada beberapa wanita pecandu kafein biasa efek ini tidak berpengaruh besar. Efek dari kafein bersifat sementara, namun jika anda ingin mengurangi resiko nyeri haid ada baiknya hindari kafein terlebih dulu.

 

Hindari rokok dan minuman beralkohol

cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan

Dokter kandungan asal New York, dr. Jennifer Leighdon Wu mengatakan jika rokok dan alcohol menjadi factor pemicu nyeri haid. Hampir sama seperti kafein, rokok dan alcohol bersifat vasokonstriktor atau dapat menyempitkan aliran darah.

 

Berolahraga

cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan

Memang malas rasanya jika melakukan olahraga saat haid. Tapi jangan salah, berolahraga saat haid adalah salah satu cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan. Berolahraga dapat melancarkan peredaran darah, sehingga dapat memperlancar haid dan menghindari nyeri. Jika anda tidak kuat melakukan olahraga yang biasa anda lakukan, pilih olahraga yang dapak merelaksasi anda seperti yoga.

 

Naikan kaki ke atas

cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan

Cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan selanjutnya dengan menganggkat kaki. Beri sanggahan pada kaki anda, sehingga posisi kaki lebih tinggi dari kepala saat posisi tertidur. Posisi ini berguna melancarkan peredakan darah di area rahim. Lakukan posisi ini 15 menit.

 

Konsumsi makanan bernutrisi

cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan

Makanan yang menganung nutrisi sangat berperan untuk mengurangi nyeri ketika haid. Makanan yang mengandung Omega 3 asam lemak dan protein bisa anda pilih untuk menu makanan anda saat atau sebelum haid. Atau anda bisa menkonsumsi vitamin B6, B1, dan vitamin E.

 

Mandi air hangat

cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan

Cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan yang selanjutnya yaitu dengan mandi dengan air hangat. Mandi dengan air hangat berguna untuk merelaksasi otot-otot yang tegang saat haid. Mandi air hangat juga bisa mengurangi pegal-pegal karena lelah bekerja.

Nyeri saat haid memang normal pada wanita. Tapi patut diwaspadai jika rasa nyeri tersebut sangat berlebihan hingga mengganggu aktivitas. Karena bisa jadi itu adalah anda awal dari penyakit kista atau radang panggul.

Baca Juga : Cara mencegah kista

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here