Mengatasi Efek Kemoterapi Secara Alami

0
124
mengatasi efek kemoterapi secara alami

Kemoterapi adalah salah satu pengobatanĀ dalam kasus penyakit kanker. Pada pengobatan kemoterapi ini tergantung pada jenis, lokasi dan faktor masalah kesehatan tertentu pada pasien. Meski perannya memerangi kanker, namun banyak juga beberapa efek samping yang akan dirasakan pasien. Efek yang biasanya timbul seperti mual, muntah, sariawan, lemas hingga kerontokan rambut sering dirasakan pasien. Tak sedikit pasien yang mencara cara mengatasi efek kemoterapi secara alami untuk mengurangi keluhannya saat berobat.

Efek dari kemoterapi biasanya tak langsung dirasakan. Efek yang bener-benar terasa justru muncul ketika selesai proses kemoterapi. Berikut kami berikan beberapa cara mengatasi efek kemoterapi secara alami :

  • Jahe

Konsumsi teh jahe atau air rebusan jahe dapat mengurangi rasa mual setelah pengobatan kemoterapi. Selain itu jahe juga mempunyai sifat ati radang, sehingga menurangi peradangan yang terjadi pada tubuh. Namun, pada pasien anak-anak biasanya tidak berpengaruh besar dalam mengungai rasa mual.

Mengobati Miom Tanpa Operasi !

  • Madu

Setelah proses kemo, biasanya akan muncul sariawan pada mulut pasien. Untuk menyembuhkan luka, dan mencegah sariawan timbul kembali bisa oleskan madu pada daerah yang terdapat sariawan. Namun. Hingari madu jenis madu manuka karena dapat memicu rasa mual.

  • Vitamin E

Untuk mempercepat proses penyembuhkan luka yang timbul karena pengobatan kemo dapat konsumsi vitamin E. Selain itu, vitamin E juga dapat menjaga kelembaban kulit yang kering akibat kemo. Vitamin E bisa didapatkan dari beberapa makanan, seperti almon, brokoli, alpukat dan bayam.

Meski mungkin cara diatas tidak membantu banyak, namun dapat meminimalkan rasa tidak nyaman pasien.

.https://lingshenyao.id/obat-virus-vorona/