Masalah Kesehatan Pubertas Dini Pada Perempuan

0
136
Masalah Kesehatan Pubertas

Sepurarherbal.com – Pubertas dini ialah masa pubertas yang terjadi pada usia yang lebih muda dari batas minimum. Bagi anak laki-laki memiliki batas minimun 9 tahun dan anak 8 tahun bagi anak perempuan. Jika anak mengalami pubertas dini, maka akan menimbulkan masalah kesehatan pubertas. Masalah kesehatan tersebut seperti anoreksia, diabetes, cemas, depresi, jantung dan stroke.

Anak Perempuan yang umumnya akan mengalami pubertas pada usia 12 tahun, pada tahun 2011 mengalami penurunan pubertas sampai 9 tahun. Menurut studi menerangkan bahwa anak perempuan yang mengalami pubertas  lebih awal dari 8 tahun, akan beresiko terkena berbagai penyakit.
Berikut dibawah ini masalah kesehatan pubertas yang akan menimbulkan penyakit, yang akan mengintas pada anak perempuan yang mengalami pubertas dini :

Hubungan Percintaan

Jika anak perempuan mengalami pubertas dini maka akan mengakibatkan beragam gangguan emosi karena perubahan hormonalnya. Sehingga perubahan itu membuat emosi sering berubah dan berdampak pada hubungan percintaan yang akan dijalaninya nanti.

https://lingshenyao.id/diabetes-dan-jantung-koroner/

Kepercayaan Diri yang Rendah

Pubertas dini akan berkaitan dengan dampak pada kesehatan psikis, seperti kurangnya kepercayaan diri dari bentuk tubuhnya. Mereka yang merasa malu akibat bentuk tubuhnya sering disebabkan oleh kurangnya kepercayaan diri, yang tentunya ini berdampak pada kehidupan sosialnya.

Depresi tinggi

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa pubertas dini akan mempengaruhi pada hormonal. Hormonal yang tidak seimbang justru akan berisko tinggi terkena depresi yang tinggi hingga sering merasa cemas.

Terkena Penyakit Jantung dan Stroke

Memang obesitas adalah salah satu alasan yang dimana orang yang mengalaminya akan berisiko terkena penyakit jantung dan stroke. Tapi dengan alasan yang belum pasti pun Studi dari UK mengungkapkan bahwa anak perempuan yang mengalami pubertas dini juga berisiko terkena jantung dan stroke di masa yang akan datang. Maka dari itu bagi anda yang merasa pubertas lebih awal, harus tau tentang gejala serangan jantung agar tetap mewaspadainya.

Diabetes

Menurut data dari studi UK Biobank menemukan adanya kaitan antara diabetes tipe 2 dengan pubertas pada wanita. Anak perempuan yang mengalami pubertas dini akan lebih berisiko terkena diabetes tipe 2 bila di bandingkan dengan anak perempuan yang pubertas di usia normal.

Baca Juga : Cara Mencegah Penyakit Gula

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here