Cara Menghitung Masa Subur Wanita

0
119
masa subur wanita

Seputarherhal.com – Bagi seorang wanita, sangat penting untuk menetahui kapan waktu masa subur wanita terjadi, karena ini adalah cara utama untuk memiliki ketururan. Maka dari itu agar rencana kehamilan dapat berjalan dengan baik, anda harus memiliki catatan periode menstruasi. Siklus haid adalah rentang hari pertama saat haid sampai hari pertama pada haid yang berikutnya. Siklus haid yang normal biasanya terjadi setiap 21 -35 hari dan hari  ke 1 pada siklus haid adalah hari pertama haid terjadi.

Masa subur wanita

Haid dimulai pada hari pertama ketika dinding rahim meluruh dan mengeluarkan darah dari vagina, dan pada saat itu juga terjadi perkembangan sel telur di dalam ovarium. Jika sel telur sudah matang, maka ovarium akan melepaskan sel itu, peristiwa ini dinamakan ovulasi. Ovulasi terjadi bergantung pada siklus haid anda, biasanya terjadi  sekitar 12-14 hari sebelum hari pertama haid berikutnya datang. Jika siklus anda pendek ,misalnya 21 hari maka ovulasi bisa terjadi setelah beberapa hari hadi berakhir. Intinya setiap wanita pasti akan berbeda-beda waktu ovulasinya, maka dari itu pentig untuk para wanita mengetahui siklus haid agar dapat mengetahui kapan waktu ovulasi terjadi.

Baca Juga : Cara Mengatasi Nyeri Haid

Jadi masa subur anda berkisar di sekitar waktu ovulasi, sekitar 5 hari sebelum ovulasi terjadi. Umumnya, masa subur terjadi dari 12-16 hari sebelum haid yang selanjutnya. Jadi, rata-rata wanita mengalami masa subur di antara hari ke 10-17 sesudah hari pertama haid berakhir. Hal ini berlaku pada wanita yang memiliki sikilus haid yang teratur 28 hari, jika siklus anda berbeda maka anda dapat mempelajari cara menghitung masa subur terjadi.

Rumus perhitungan masa subur :

  • Jika siklus terpendek Anda. seandainya : 27 hari. Kurangi saja dengan 18. Maka hasinya adalah 9.  Nah, angka inilah yang menjadi hari pertama saat Anda berada pada posisi paling subur.
  • Seandainya siklus terpanjang Anda. Misal: 30 hari. Maka kurangi angka ini angka 11. Dan hasilnya adaah 19. Berarti angka ini lah saat masa subur anda terjadi.

Jadi, jika siklus Anda rata-rata berlangsung selama 27–30 hari, maka Anda akan paling subur pada hari ke-9 sampai 19.

https://lingshenyao.id/penyebab-kista-rahim/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here