Home Kesehatan 5 Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Diet

5 Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Diet

0
5

Seputarherbal.com – Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Diet. Belakangan ini, Virgin Coconut Oil atau yang dapat disebut dengan VCO menjadi sangat populer dikalangan masyarakat yang sedang berusaha untuk menurunkan ataupun menjaga berat badan mereka. VCO digunakan oleh mereka yang sedang menjalani diet keto, yakni diet dengan pola makan rendah karbohidrat tinggi lemah. Mengonsumsi VCO sendiri disebabkan karena VCO cenderung lebih mudah dan cepat dikonversi menjadi bahan bakar (ketone) di liver.

Pada dasarnya, VCO tidak sama dengan minyak kelapa. Hal ini disebabkan karena bahan mentah ataupun proses ekstrasinya sama sekali tidak menggunakan panas. Dengan begitu, kandungan nutrisi yang terdapat pada VCO pun berbeda dengan minyak kelapa biasa. Kandungan nutrisi inilah yang memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk menjaga berat badan. Lantas, apa saja manfaat VCO untuk diet? Simak ulasan di bawah ini.

Berikut ini berbagai macam manfaat VCO untuk diet :

  • Membantu Pembakaran Lemak

VCO memiliki kandungan thermogenik, yakni manfaat untuk membantu tubuh untuk membakar lemak dengan jumlah yang lebih banyak dibandingkan makanan lainnya. Bahkan, minyak ini juga dapat membantu membakar lemak di perut yang cenderung sulit untuk dihilangkan.

  • Membakar Energi Lebih Banyak

VCO memiliki kandungan asam lemak rantai sedang yang dapat memberikan cukup energi untuk tubuh. Bahkan, sebuah penelitian yang diterbitkan di European Jornal of Clinical Nutrition pada tahun 1996, mengungkapkan bahwa dengan mengonsumsi 1-2 sendok makan asam lemak rantai sedang setiap hari dapat membantu meningkatkan pemakaian energi sebesar 120 kalori. Dengan begitu, tubuh akan membakar energi lebih banyak dari biasanya dan berat badan Anda pun menjadi turun.

  • Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Selain membakar energi lebih banyak, kandungan asam lemak rantai sedang yang dimiliki VCO juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini disebabkan karena VCO akan digunakan sebagai energi oleh tubuh dan tidak akan disimpak sebagai lemak.

Baca Juga : Manakah Jenis Beras yang Cocok untuk Diet?

  • Membantu Menurunkan Nafsu Makan

Nafsu makan berlebih dan tida terkontrol merupakan salah satu penyebab berat badan mudah naik. Dengan mengonsumsi VCO, asupan kalori di dalam tubuh dapat berkurang hingga 256 kal per hari. Hal ini juga merupakan manfaat dari kandungan asam lemak rantai sedang yang dimiliki VCO, yang dapat memberikan efek kenyang lebih lama dan mengurangi asupan kalori.

  • Melancarkan Pencernaan

Kelancaran dan kesehatan sistem pencernaan juga merupakan hal yang sangat penting untuk menurunkan berat badan. Nah, VCO dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan cara membantu tubuh dalam menyerap vitamin dan mineral yang larut dalam lemak secara efektif. Selain itu, VCO juga membantu meningkatkan kinerja sistem pencernaan, serta membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan yang disebabkan oleh bakteri, virus, dan jamur.

Obat CINA Kanker Terbaik di Dunia