Mengobati Diare Secara Alami dengan Buah Salak

0
304

Seputarherbal.com – Manfaat Salak untuk Diare. Salak merupakan salah satu jenis buah yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Namun, siapa sangka bahwa buah yang memiliki nama latin Sallaca Edulis ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk mengobati diare. Yap! buah yang memiliki rasa manis dan agak sepat ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang berguna untuk kesehatan tubuh, seperti vitamin B, vitamin C, protein, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, saponin, dan tanin.

Kandungan zat tanin yang dimiliki oleh salak memiliki manfaat untuk menyembuhkan diare. Untuk menyembuhkan diare, Anda hanya perlu sekitar 20 gram daging buah salak yang masih muda. Namun, Ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi salak secara berlebihan, sebab dapat mengakibatkan terjadinya kontipasi atau susah buang air besar. Jika Ibu hamil tetap ingin mengonsumsi salak, maka sebaiknya jangan buang kulit tebal yang melekat pada buah salak (kulit ari). Hal ini disebabkan karena kulit ari tersebut memiliki kandungan serat yang cukup.

Baca Juga : Cara Mengatasi Diare dengan Cara Alami

Selain dapat mengobati diare, salak juga memiliki beberapa manfaat lain bagi kesehatan, diantaranya adalah :

  • Menjaga Kesehatan Mata

Mengonsumsi buah salak sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Pasalnya, salak memiliki kandungan vitamin A dan beta-karoten yang memang sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu, antioksidan berupa beta karoten yang dimiliki oleh buah salak ini juga dapat membantu memperbaiki masalah mata seperti rabun dekat. Dengan begitu, mengonsumsi salak secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda.

  • Meningkatkan Daya Ingat

Salak juga dapat membantu meningkatkan daya ingat Anda. Hal ini disebabkan karena kandungan potasium dan pectin pada salak yang dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan meningkatkan memori.

  • Menurunkan Berat Badan

Jarang diketahui, ternyata buah salak dapat membantu menurunkan berat badan sehingga sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalani progrem diet. Hal ini disebabkan karena, kandungan serat pada buah salak yang dapat meningkatkan sistem pencernaan, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan secara alami. Selain itu, kandungan serat pada buah salak juga dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama, sehingga mengurangi hasrat Anda untuk mengonsumsi camilan.

  • Menjaga Kadar Gula Darah

Manfaat lain dari buah salak adalah dapat membantu mengendalikan kadar glukosa di dalam darah, sehingga kadar gula darah di dalam tubuh menjadi seimbang. Maka dari itu, buah salak juga baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit diabetes.

Obat Kanker Prostat Herbal Teregistrasi BPOM