Puasa Memiliki Berbagai Manfaat bagi Kesehatan Tubuh

0
270

Seputarherbal.com – Tak terasa sebentar lagi kita memasuki bulan Ramadhan, dimana bulan tersbebut merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia, karena di bulan tersebut amal ibadah akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT. Wajib hukumnya menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan bagi laki-laki dan perempuan yang telah baligh. Puasa bukan hanya sebagai aktivitas menahan nafsu serta rasa haus dan lapar saja. Akan tetapi manfaat puasa bagi kesehatan tubuh dan mental amatlah baik. Ketika tengah menjalankan puasa, tubuh kita melakukan detoksifikasi (pembersihan racun) yang berada di dalam tubuh serta mengurangi lemak dan gula darah. Selain itu, puasa juga dapat mengubah pola makan kita menjadi lebih sehat sehingga daya tahan tubuh meningkat.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut berbagai manfaat puasa untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui :

  • Membersihakan Racun di Dalam Tubuh

Sebagaimana yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa puasa dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan racun-racun yang berada di dalamnya (detoksifikasi). Proses pembuangan racun melalui organ hati saja tidaklah cukup, maka dari itu, harus ada upaya lain yang dilakukan agar racun-racun didalam tubuh benar-benar hilang dan tidak menimbulkan berbagai macam penyakit. Salah satu tempat berkumpulnya racun di dalam tubuh adalah pada lemak. Ketika puasa lemak di dalam tubuh akan di bakar sehingga racun-racun yang terdapat disana pun ikut menghilang.

  • Menurunkan Kadar Gula Darah

Ketika puasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan selama berjam-jam. Hal tersebut dapat membantu menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh kita. Tubuh akan menggunakan glukosa yang tersimpan dalam jaringan tubuh untuk menghasilkan energi ketika kita sedang berpuasa.

  • Diet yang Sehat

Salah satu makanan yang dapat menyebabkan berat badan naik adalah makanan cepat saji atau junk food. Setelah diamati, ternyata puasa dapat mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan tersebut. Ketika berpuasa, tubuh akan lebih menginginkan makanan alami seperti air dan buah-buahan. Hal tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi mereka yang sedang melakukan diet.

  • Mengatasi Peradangan

Manfaat puasa yang lainnya adalah dapat membantu menurunkan efek peradangan dan alergi. Beberapa diantaranya adalah peradangan yang disebabkan oleh rematik, asam urat dan penyakit kulit seperti psoriasis. Selain itu, beberapa ahli juga menyataka bahwa puasa dapat meningkatkan kesembuhan penyakit radang usus besar seperti kolitis.

Baca Juga : Cara Memeriksa Kadar Asam Urat Dalam Tubuh

  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Puasa merupakan salah satu cara alami yang dapat dilakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hal tersebut membantu dalam mengurangi risiko aterosklerosis, yang merupakan penyakit terbentuknya plak di dinding arteri. Penyakit tersebut menyebabkan arteri menjadi lebih tebal. Sedangkan plak-plak tersebut terbentuk dari berat badan yang berlebih (obesitas), kolesterol, kalsium dan substansi lain yang terdapat dalam darah.

Obat Cina Untuk Kista Herbal Terbaik & Teregistrasi BPOM