Manfaat Permen Karet yang Jarang Diketahui

0
43

Seputarherbal.com – Permen karet adalah permen yang dikunyah tanpa ditelan, dan memiliki ciri khas, yakni dapat dibuat gelembung, serta memiliki tekstur yang lengket. Gelembung tersebut dapat ditiup hingga batas ukuran tertentu, dan kemudian akan pecah mengenai wajah orang yang menikmatinya. Permen karet kerap dianggap sebagai permen yang mengotori lingkungan, lantaran teksturnya yang lengket, dan tidak semua orang membuangnya ke tempat yang benar. Meskupun begitu, ada beberpa manfaat permen karet yang mungkin belum Anda ketahu. Di antaranya adalah :

  • Meningkatkan Konsentrasi

Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa, mengunyah permen karet dapat meingkatkan konsentrasi dan kinerja mental. Konsentrasi, kecepatan, dan daya ingat seseorang akan meningkat ketika mereka mengunyah permen karet. Konon katanya, peningkatan tersebut mencapai 25 hingga 40 persen. Hal tersebut disebabkan karena, aliran darah yang masuk ke otak akan bertambah ketika seseorang mengunyah permen karet, sehinga dapat membantu mempertajam daya ingat.

Baca Juga : Manfaat Lidah Buaya Selain untuk Kecantikan

  • Melindungi Gigi

Mengunyah permen karet tanpa rasa selama 20 menit setelah makan, terbukti dapat mengurangi karang gigi, mengurangi risiko gigi berlubang, menurunkan radang gusi, serta melindungi enamel gigi. Hal tersebut berhubungan dengan meningkatnya air liur, dan berkurangnya zat asam yang berada di dalam mulut akibat mengunyah permen karet.

Namun sekali lagi perlu Anda ingat, bahwa permen karet yang disarankan adalah permen karet tanpa rasa. Karena, permen karet yang mengandung gula justru dapat meningkatkan jumlah zat asam di dalam mulut. Selain itu, para ahli menyarakan untuk mengunyah permen karet yang mengandung xylitol, sebab xylitol dapat mengurangi jumlah bakteri yang menyebabkan gigi keropos.

  • Membantu Mengatasi Stres

Mengunyah permen karet dipercaya dapat mengatasi gejala-gejala yang timbul akibat stres yang berlebihan. Selain itu, mengunyah permen karet juga dapat menurunkan kadar hormon pemicu stres, yakni kortisol.

  • Membantu mengatasi Kecanduan Rokok

Manfaat lain dari permen karet yang sayang untuk dilewatkan adalah, dapat mengurangi keinginan seseorang untuk makan, baik itu makanan berat ataupun ringan, sehingga cocok bagi Anda yang sedang menjalankan diet. Tak hanya itu, mengunyah permen karet juga membuat Anda  secara tidak langsung mengurangi konsumsi zat simultan adiktif, seperti kafein, dan nikotin. Oleh sebab itu, permen karet cocok untuk Anda yang ingin berhenti merokok.

  • Mencegah Mual

Mual sering kali terjadi pada Ibu hamil yang tengah mengalami “morning sickness”. Hal tersebut disebabkan karena, mengunyah permen karet dapat meredakan goncangan yang menyebabkan rasa mual. Anda dapat mengonsumsi permen karet mint atau jahe. Rasa jahe juga dapat meningkatkan produksi air liur dan membantu menenangkan menghilangkan rasa tidak nyaman di perut akibat mual.

Pengobatan Kista Herbal: Untuk Pengidap Endometriosis