Home Kesehatan Manfaat Merendam Kaki dengan Air Hangat

Manfaat Merendam Kaki dengan Air Hangat

0
60

Seputarherbal.com – Rutin Merendam Kaki dengan Air Hangat. Setelah seharian melakukan aktivitas, terutama aktivitas yang banyak menggunakan otot kaki, seperti berdiri, jalan, berlari, dan naik turun tangga, memang sering kali membuat otot kaki terasa pegal. Jika hal ini tidak segera ditangani, maka dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Agar kaki terasa nyaman kembali, Anda dapat merendam kaki Anda ke dalam air hangat. Kenapa air hangat dapat meredakan pegal pada kaki? Simak ulasan di bawah ini.

Merendam Kaki di Air Hangat dapat Meredakan Pegal

Anda mungkin memiliki aktivitas yang cenderung sering menggunakan otot kaki, sehingga kaki Anda akan terasa pegal.

Sebenarnya, rasa pegal pada otot kaki disebabkan oleh menumpuknya asam laktat di otot. Penumpukan ini terjadi akibat penggunaan otot secara berlebihan. Pasalnya, hal tersebut menyebabkan otot membutuhkan energi lebih untuk berkontraksi. Untuk menghasilkan energi tersebut, otot akan memecah cadangan gula yang terdapat pada otot (glikogen). Jika kekurangan oksigen, pemecahan glikogen ini akan menghasilkan asam laktat. Lantas, bagaimana air hangat dapat membantu mengurangi pegal di kaki?

Merendam kaki ke dalam air hangat dipercaya dapat membantu melancarkan sirkulasi darah di bagian kaki. Hal ini disebabkan karena, air hangat dapat memperlebar pembuluh darah di kaki. Dengan begitu, rasa pegal pun akan mereda.

Apabila sirkulasi darah lancar, maka asam laktat yang menumpuk pada otot kaki akan mudah larut dalam darah dan dibuang oleh tubuh. Meskipun belum ada bukti yang pasti mengenai hal tersebut, namun merendamkan kaki di air  memang memberikan efek yang nyaman serta mengurangi rasa pegal dan nyeri.

Baca Juga : Penyebab Bau Kaki Setelah Memakai Sepatu

Menambahkan Garam ke Air Hangat

Tak hanya air hangat saja, tetapi Anda juga dapat menambahkan garam ke dalam air hangat yang akan Anda gunakan untuk merendam kaki. Garam yang dianjurkan adalah garam yang memiliki kandungan magnesium sulfat. Kandungan in dapat membantu meredakan nyeri otot ataupun menghilangkan memar di kaki.

Merendamkan kaki ke dalam air garam hangat selama 20 menit dapat membantu membuat kaki Anda rileks dan membantu menghilangkan rasa pegal yang mengganggu. Tak hanya itu, penggunaan garam yang memiliki kandungan magnesium sulfat pada air rendaman juga dapat membantu menenangkan sistem saraf tubuh.

Rekomendasi Obat Tumor Payudara TANPA OPERASI