Manfaat Lidah Buaya Selain untuk Kecantikan

0
32

Seputarherbal.com – Lidah buaya (aloe vera) merupakan suatu tanaman yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, seperti untuk merawat rambut dan kulit. Bahkan sekarang produk yang mengandung bahan lidah buaya, sudah tersebar di pasaran dan memiliki banyak peminat. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa lidah buaya dapat digunakan untuk pengobatan? Lantas apa saja manfaat lidah buaya untuk pengobatan penyakit? Simak ulasan berikut hingga selesai.

Pada dasarnya, terdapat dua bagian pada lidah buaya yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh, yaitu gel dan getahnya. Gel aloevera memiliki warna bening dan tekstur yang seperti jeli, biasanya diolah menjadi lotion, krim, atau salep yang digunakan sebagai obat. Sedangkan getahnya didapatkan dari sel-sel yang berada pada lapisan bawah kulit lidah buaya. Getah lidah buaya, biasanya diolah menjadi zat-zat kering seperti suplemen.

Baca Juga : Tanaman lidah buaya untuk wajah setiap hari

Berikut manfaat yang akan Anda dapatkan dari lidah buaya :

  • Mengobati Penyakit Radang Sendi

Penyakit radang sendi atau rheumatoid artritis, merupakan suatu penyakit autoimun yang terjadi akibat sistem kekebalan tubuh yang menyerang tubuh itu sendiri. Mengonsumsi lidah buaya secara rutin, selema dua minggu berturut-turut dipercaya dapat mengatasi dan meredakan nyeri yang disebabkan penyakit ini.

  • Menyembuhkan Luka Bakar

Gel lidah buaya dapat membantu dalam memulihkan kerusakan kulit yang diakibatkan oleh radiasi. Ketika Anda menggunakan gel lidah buaya sebagai salep pada luka bakar yang Anda punya, materialnya dapat membantu mencegah penindasan. Penindasan tersebut merupakan induksi dari sinar ultraviolet (UV), sehingga penyembuhan luka bakar pun lebih cepat.

  • Mengatasi Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan seperti kesulitan buang air besar, dapat diatasi dengan mengonsumsi lidah buaya secara rutin. Hal tersebut disebabkan karena, tanaman lidah buaya memiliki kandungan bahan kimia yang efektif sebagai laksatif (obat pencahar). Selain itu, nutrisi pada tanaman lidah buaya, mampu merangsang pertumbuhan bakteri baik pada usus, sehingga sistem pencernaan menjadi lebih lancar dan sehat.

  • Menjaga Kesehatan Gigi

Salah satu penyebab kerusakan gigi yang paling umum adalah penumpukan plak. Lidah buaya merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Lidah buaya dipercaya dapat mengurangi plak di gigi dan membunuh bakteri yang dapat memproduksi plak, seperti bakteri Streptococcus mutans dan ragi Candida albicans. Caranya adalah dengan membilas mulut menggunakan jus lidah buaya murni.

  • Menurunkan Gula darah

Lidah buaya sangat bermanfaat untuk penderita diabetes, karena lidah buaya dapat menurunkan kadar gula dala darah. Senyawa alami yang terdapat pada lidah buaya, dapat meningkatkan insulin.

Meskipun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, ternyata ada beberapa orang yang tidak diperkenankan untuk mengonsumsi lidah buaya, yaitu :

  • Anak dibawah 12 tahun
  • Ibu hamil dan menyusui
  • Penderita wasir
  • Orang yang akan melakukan operasi
  • Penderita sakit ginjal
  • Penderita wasir.

https://lingshenyao.id/tanda-kanker-serviks/