Mengenal Manfaat Kunyit Putih untuk Lambung

0
5

Seputarherbal.com – Asam lambung naik adalah gangguan pencernaan yang lumrah dan dialami, khususnya masyarakat Indonesia. Ada banyak cara untuk mencegah dan mengobati asam lambung naik. Namun pernahkah Anda mendengar manfaat kunyit putih untuk lambung?

Sebelumnya, Asam lambung (gastric acid) adalah cairan yang terdiri dari asam hidroklorik, yang mana diproduksi didalam lambung. Asam lambung pada dasarnya berfunsgi untuk mencerna makanan ke lambung serta membunuh bakteri yang masuk ke dalam sistem pencernaan.

Akan tetapi, apabila cairan asam di lambung diproduksi secara berlebihan, maka tidak akan berdampak baik. Hal ini disebabkan karena, produksi asam lambung yang berlebihan dapat menghasilkan gas berlebih di dalam perut, yang pada akhirnya dapat membuat perut menjadi kembung dan sering bersendawa. Gejala yang juga sering terjadi aakibat asam lambung naik adalah sensasi terbakar di lambung atau dada (heartburn).

Kondisi asam lambung yang mengalir pada saluran kerongkongan (esofagus) disebut juga dengan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Gangguan pencernaan yang satu ini dapat menyebabkan korosi pada esofagus sehingga menyebabkan terjadinya luka.

Manfaat Kunyit Putih untuk Asam Lambung

Selain kunyit biasa, kunyit putih merupakan salah satu rempah atau tanaman herbal yang juga sering kali digunakan sebagai bahan dasar pengobatan tradisional. Hal ini disebabkan karena kunyit memiliki kandungan yang dapat membantu mengobati berbagai macam masalah kesehatan, salah satunya masalah pada lambung.

Pada dasarnya, kunyit putih memiliki kandungan bahan aktif berupa kurkumin, saponin, flavonoid, tanin, minyak atsiri, dan antioksidan, yang mana dapat membantu meredakan asam lambung. Kandungan kurkumin dalam kunyit putih juga dapat berperan sebagai antivirus, antibakteri, hingga anti kanker yang dinilai cukup kuat. Oleh sebab itu, kunyit juga dapat dijadikan obat asam lambung naik secara alami. Dalam hal ini, kunyit dapat membantu mengatasi gejala heartburn akibat asam lambung naik, serta meredakan peradangan dan sakit perut

Cara mengatasi asam lambung dengan kunyit sendiri dapat Anda lakukan dengan membuat minuman dari bubuk kunyit dan meminumnya secara rutin.

Sebenarnya, Mengatasi asam lambung naik bukanlah hal yang sulit. Anda juga dapat mengatasi masalah kesehatan ini di rumah menggunakan bahan-bahan alami. Selain kunyit. Berikut ini adalah beberapa ramuan alami untuk membantu mengatasi asam lambung naik, di antaranya adalah :

  1. Jahe

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk mengatasi asam lambung naik. Jahe juga memiliki sifat antiradang yang dapat membantu mengatasi nyeri ulu hati dan masalah pencernaan lainnya secara alami.

Cara memanfaatkan jahe untuk mengatasi asam lambung adalah dengan mengolahnya menjadi minuman hangat.

  1. Akar manis (Licorice)

Licorice atau akar manis juga dipercaya dapat mengatasi masalah pada sistem pencernaan Anda, termasuk asam lambung naik. Hal ini disebabkan karena, bahan kimia yang terkandung pada akar manis ini dapat membantu mengurangi pembengkakan, dan juga menyembuhkan peradangan atau luka yang ada di dalam tubuh.

  1. Marshmallow

Selain akar manis, akar dan daun dari tanaman marshmallow juga dapat Anda manfaatkan untuk mengobati asam lambung, dan masalah pencernaan lainnya seperti diare, kontisipasi, dan juga peradangan pada lapisan lambung. Hal ini disebabkan karena, marshmallow memiliki kandungan bahan kimia yang dapat membantu meredakan batuk dan menyembuhkan luka, dengan cara mengurangi peradangan dan melawan mikroba tertentu. Selain itu, marshmallow juga dapat membentuk lapisan pelindung pada kulit dan lapisan saluran sistem pencernaan.

  1. Teh chamomile

Manfaat teh chamomile dalam mengobati asam lambung juga sudah tidak diragukan lagi. Pasalnya, teh chamomile seringkali digunakan untuk meredakan sakit perut dan ulu hati, mual dan muntah, dan juga susah tidur.

Selain mengonsumsi ramuan alami di atas untuk mengatasi asam lambung, akan lebih baik jika Anda tetap berkonsultasi dengan dokter untuk mengenai masalah ini. Pasalnya, meski ramuan di atas menjadi salah satu cara alami dan efektif dalam mengurangi gejala asam lambung naik, namun ramuan tersebut belum didukung oleh penelitian dan bukti klinis yang memadai.

Selain itu, ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu meredakan gejala asam lambung. Di antaranya adalah :

  • Sayuran, seperti brokoli, kembang kol, asparagus, buncis, kentang, mentimun, dan sayuran hijau.
  • Buah non-sitrus atau selain jeruk, seperti pisang, melon, pir, dan apel.
  • Oatmeal dan roti gandum, yaitu makanan yang terbuat dari gandum utuh dan merupakan sumber serat yang dapat menyerap kelebihan asam lambung dan meredakan gejaka refluks.
  • Daging tanpa lemak, seperti ikan, ayam, kalkun, dan makanan laut yang rendah lemak. Disarankan untuk mengolah daging dengan cara direbus, dibakar atau dipanggang.

Cara Mencegah Asam Lambung Naik

Mencegah naiknya kadar asam lambung sebenarnya merupakan hal yang mudah dilakukan, yakni dengan pengaturan makanan yang lebih sehat dan seimbang. Berikut beberapa aturan pola makan yang perlu Anda perhatikan untuk membantu mencegah dan mengatasi asam lambung kambuhan, di antaranya adalah :

  • Makan lebih teratur, yakni dengan memiliki jam makan yang sama setiap hari.
  • Hindari ngemil banyak di antara waktu makan. Sebab, hal ini dapat menyebabkan pencernaan sulit dalam mencerna makanan yang dikonsumsi.
  • Perhatikan porsi makan, sebaiknya makan sedikit tapi sering.
  • Kunyah makanan dengan benar, hal ini dapat membantu sistem pencernaan untuk mencerna makanan lebih mudah dan cepat.
  • Hindari minum air terlalu banyak saat makan.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat air kelapa untuk asam lambung. Semoga apa yang kami sampaikan dalam ulasan kali ini dapat memberikan manfaat bagi Anda semua.

Baca Juga : Harga Obat Maag Kronis, 100% Dari Ekstrak Herbal

https://kapsulmetama.com/obat-maag-alami/