Manfaat Jus Wortel untuk Kanker Payudara

0
19

Seputarherbal.com – Kanker payudara adalah penyakit ganas yang sangat ditakuti oleh wanita. Kanker payudara diketahui sebagai kanker yang paling berbahaya dan mematikan pada wanita selain kanker serviks. Tak hanya itu, seseorang dengan kanker payudara harus mencari berbagai pilihan pengobatan yang sesuai dengan kemampuannya, mulai dari pengobatan medis hingga pengobatan alternatif tradisional yang memanfaatkan bahan-bahan herbal dan alami. Saat ini banyak pernyataan mengenai jus wortel yang bermanfaat dalam pengobatan kanker payudara. Lantas benarkah ada manfaat jus wortel untuk kanker payudara? Simak ulasan di bawah ini.

Sebelum membahas mengenai tanaman obat untuk kanker payudara, ada baiknya jika Anda mengenal bagaimana proses terbentuknya kanker payudara pada wanita berserta ciri-cirinya.

Kanker payudara adalah salah satu jenis tumor ganas yang tumbuh dan berkembang di sel-sel payudara. Kondisi ini dapat terjadi ketika adanya pertumbuhan abnormal dari sel-sel payudara. Sel-sel ini dapat membelah diri dengan cepat dan tidak terkendali dibandingkan dengan sel normal, dan akan berakumulasi, sehingga pada akhirnya membentuk suatu benjolan atau massa. Sementara itu, pada stadium yang lebih parah, sel-sel agnormal ini dapat menyebar melalui kelenjar getah beniing ke jaringan atau bagian tubuh lain.

Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa sel kanker payudara ini dapat tumbuh di bagian kelenjar yang menghasilkan susu (lobulus, serta dapat terbentuk di saluran duktus, yang mana berfungsi membawa air susu dari kelenjar puting ke payudara. Tak hanya itu, kanker payudara juga dapat ditemukan pada jaringan lemak atau jaringan ikat yang ada di dalam payudara.

Meski kasus kanker payudara lebih banyak ditemukan pada wanita, namun ternyata penyakit ganas ini juga dapat menyerang pria.

Jenis Kanker Payudara

Ada empat jenis kanker payudara yang paling umum terjadi, yaitu :

  • Ductal carcinoma in situ

Ductal carcinoma in situ, yaitu jenis kanker payudara yang tumbuh pada duktus dan tidak menyebar ke jaringan di sekitarnya. Jenis kanker payudara yang satu ini termasuk pada stadium awal yang cenderung mudah diobati. Meski begitu, jenis kanker ini juga dapat menyebar ke jaringan lain di sekitarnya apabila tidak segera ditangani.

  • Lobural carcinoma in situ

Lobural carcinoma in situ adalah jenis kanker payudara yang tumbuh di bagian lobulus. Sama halnya seperti ductal carcinoma in situ, kanker payudara ini tidak menyebar ke jaringan di sekitarnya.

  • Invasive ductal carcinoma

Invasive ductal carcinoma, yaitu jenis kanker payudara yang tumbuh di bagian duktus dan dapat menyebar ke jaringan di sekitarnya. Bahkan, jenis kanker payudara yang satu ini juga dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya. Umumnya, jenis kanker ini terjadi pada 70 hingga 80 persen pada kasus kanker payudara yang ada.

  • Invasive lobular carcinoma

Invasive lobular carcinoma adalah jenis kanker payudara yang tumbuh di lobulus dan dapat menyebar ke jaringan lain di sekitarnya. Kanker ini terjadi pada 10 persen kasus kanker payudara yang ada.

Ciri-Ciri Kanker Payudara

Sebenarnya, semakin cepat kanker payudara terdeteksi, maka semakin mudah pula sel kanker tersebut untuk dihilangkan. Namun, sel kanker pada stadium nol biasanya tidak menunjukan gejala atau ciri-ciri apapun, sehingga cukup sulit untuk mendeteksinya secara dini.

Meski demikian, ciri-ciri kanker payudara sudah dapat dikenali ketika memasuki stadium satu. Ciri kanker payudara yang paling umum dan mudah dikenali adalah munculnya benjolan di payudara. Namun jangan dulu panik, sebab tidak semua benjolan di payudara merupakan kanker. Hal ini disebabkank karena, benjolan di payudara dapat dipicu akibat adanya perubahan hormonal pada remaja, hingga rusaknya jaringan lemak. Lantas, seperti apa sebenarnya ciri-ciri benjolan di payudara akibat kanker?

  • Benjolan di payudara yang bukan merupakan kanker (tumor jinak) memiliki batas yang jelas dengan jaringan lain yang ada sekitarnya. Sedangkan, benjolan kanker tidak memiliki batasan yang jelas.
  • Tumor atau benjolan jinak di payudara pada umumnya bisa digerakkan. Sedangkan, benjolan di payudara akibat kanker cenderung tidak dapat digerakkan sama sekali, seperti menyatu dengan jaringan di sekitarnya.
  • Benjolan jinak di payudara juga memiliki tekstur yang cenderung lebih kenyal dan lunak ketika diraba. Sedangkan benjolan kanker payudara justru akan terasa keras dan padat ketika diraba.Permukaan benjolan pada kanker payudara juga umumnya tidak rata.
  • Selain itu, benjolan yang tumbuh akibat kanker di payudara juga tidak akan terasa sakit saat ditekan.

Kanker Payudara Stadium Awal

Selain munculnya benjolan, ciri-ciri kanker payudara stadium awal juga dapat dikenali lewat gejala berikut :

  • Perubahan payudara dari segi ukuran, bentuk, dan tampilan.
  • Terjadinya perubahan pada puting payudara.
  • Puting mengeluarkan cairan bewarna cokelat kemerahan atau bisa jadi merupakan darah.
  • Ukuran payudara tidak simetri akibat adanya benjolan.
  • Saat memasuki stadium lanjut, mulai terlihat adanya kelainan pada kulit payudara, di mana tekstur kulit payudara seperti kulit jeruk dan bewarna kemerahan. Bahkan, kulit payudara juga bisa menjadi cekung seperti lesung pipi karena tertarik oleh benjolan yang ada.
  • Terjadinya pembengkakan di sekitar ketiak akibat adanya pembesaran pada kelenjar getah bening di area tersebut. Kondisi ini menandakan bahwa kanker payudara sudah menjalar ke area di sekitarnya.

Jika Anda mencurigai adanya gejala-gejala kanker payudara stadium awal yang telah disebutkan di atas, maka jangan ragu untuk segera menemui dokter agar dapat diperiksa.

Hal ini bertujuan agar Anda segera mendapat penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi yang Anda alami. Ingat, bahwa semakin cepat kanker payudara terdeteksi, maka peluan untuk sembuh dari kanker pun semakin besar.

Manfaat Jus Wortel untuk Kanker Payudara

Pada dasarnya, penderita kanker payudara harus mengonsumsi makanan sehat untuk membantu proses pengobatan. Nah, salah satu makanan sehat yang sangat baik dikonsumsi penderita kanker, termasuk kanker payudara adalah wortel. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena wortel diketahui memiliki kandungan falcarinol, yakni sebuah antioksidan yang dapat membantu menangkal kanker. Dalam hal ini, peneliti menemukan adanya pengecilan tumor dan kanker payudara akibat zat tersebut. Metode pengobatan kanker menggunakan buah dan sayuran memang sudah sering dilakukan. Oleh sebab itu, tak ada salahnya jika Anda atau penderita kanker payudara untuk mengonsumsi wortel secara rutin. Selain mengonsumsinya dalam bentuk sup atau makanan lainnya, Anda juga dapat mengonsumsi wortel yang telah diolah menjadi jus.

Baca Juga : Penyabab dan Cara Mengobati Tumor Payudara