Manfaat dan Efek Samping Jus Lidah Buaya

0
50
Aloe vera essential oil on tropical leaves background

Seputarherbal.com – Lidah buaya atau yang biasa disebut aloe vera merupakan tanaman yang memiliki segudang manfaat. Tanamam ini kerap diolah menjadi produk kecantikan yang digemari banyak wanita. Tidak jarang juga tanaman ini diolah menjadi minuman, salah satunya jus lidah buaya. Apa saja manfaat jus lidah buaya untuk kesehatan? Simak ulasan berikut!

Mengatasi sembelit

Meminum jus lidah buaya dapat membantu mengatasi sembelit. Hal ini disebabkan karena lidah buaya memiliki kandungan air yang banyak sehingga kadar air dalam usus meningkat. Dengan meningkatnya kadar air dalam usus tentunya akan merangsang gerak peristaltik  dimana sisa makanan akan terdorong ke organ pencernaan lainnya, sehingga buang air besar lancar.

Menjaga kesehatan kulit

Antioksidan dan vitamin yang terdapat dalam tanaman lidah buaya mampu melindungi kulit dari bahaya radikal bebas. Senyawa – senyawa yang terkandung dalam lidah buaya dipercaya dapat meredakan efek radiasi dari sinar ultraviolet  (UV), selain itu lidah buaya juga mampu mengatasi kerutan dan garis-garis halus pada kulit. Kandungan nutrisi pada jus lidah buaya juga mampu mengurangi frekuensi timbulnya jerawat, dan mengatasi masalah kulit lainnya seperti dermatis dan psoriosis.

Baca Juga : Tanaman Lidah Buaya Untuk Wajah Setiap Hari

Melancarkan Sistem Pencernaan

Mengkonsumsi jus lidah buaya dapat membantu dalam melancarkan sistem pencernaan. Hal ini disebabkan karena lidah buaya mengandung enzim yang berpengaruh dalam pemecahan gula dan lemak di dalam tubuh. Tak hanya itu, mengkonsumsi lidah buaya juga dapat mengatasi iritasi pada lambung dan usus.

Meningkatkan Gizi

Banyaknya nutrisi dalam lidah buaya sangat membantu untuk membantu untuk mencegah tubuh dari kekurangan nutrisi penting, seperti vitamin B, vitamin E, vitamin C dan asam folat. Jus lidah buaya sangat cocok bagi anda para vegetarian karena jus ini mengandung vitamin B12.

Mengendalikan kadar gula darah

Bagi anda penderita diabetes, jus lidah buaya merupakan salah satu minuman yang aman untuk dikonsumsi. Jus lidah buaya dapat membantu dalam mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Kandungan yang terdapat dalam lidah buaya ini mampu menyerap gula yang dicerna dalam tubuh kita.

Slain manfaat-manfaat diatas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika hendak mengkonsumsi jus lidah buaya. Diantaranya :

  • Dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi jus lidah buaya yang telah dikemas dan dijual di pasaran, minumlah jus lidah buaya yang murni tanpa campuran.
  • Jus lidah buaya tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil, karena tanaman hijau memicu kontraksi rahim yang menyebabkan terjadinya keguguran.
  • Jika anda sedang mengkonsumsi obat, maka anda tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi jus lidah buaya sebab akan mengencangkan efek samping obat.

https://lingshenyao.id/jual-obat-kista/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here