Home Kesehatan 6 Manfaat Gula Merah untuk Kesehatan

6 Manfaat Gula Merah untuk Kesehatan

0
73

Seputarherbal.com – Manfaat Gula Merah untuk Kesehatan. Gula merah atau yang dikenal juga dengan  gula jawa merupakan pemanis alami yang terbuat dari nira pohon kelapa. Gula merah cukup populer di Indonesia dan kerap digunakan sebagai pemanis pada berbagai macam camilan atau minuman. Namun, perlu Anda ketahui juga bahwa gula merah memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk tubuh, seperti kalium, magnesium, zat besi, fosfor, dan vitamin C. Gula merah menyumbang sejumlah kecil fitonutrien, seperti flavonoid, polifenol, antosianidin dan antioksidan. Zat-zat tersebut lah yang membuat tubuh lebih fit dan bertenaga.

Gula merah memiliki indeks glikemik yang rendah, yaitu 54. Selain itu, gula merah dinilai lebih bermanfaat daripada gula pasir sebab mengandung sejumlah vitamin dan asam amino. Beikut manfaat gula merah untuk kesehatan tubuh :

  • Menjadi Sumber Energi

Gula merah memiliki kemampuan untuk meningkatkan energi. Hal tersebut disebabkan karena, gula merah merupakan makanan dengan karbohidrat kompleks yang dapat memberikan energi untuk waktu yang lebih lama, tetapi tidak akan membuat kadar gula darah naik.

Baca Juga : 5 Cara Ampuh Menurunkan Gula Darah

  • Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Mengonsumsi gula merah dapat membantu mengoptimalkan fungsi pencernaan, dimana hal tersebut sangat baik untuk Anda yang sedang mengalami sembelit.

  • Menangkal Radikal Bebas

Manfaat selanjutnya dari gula merah adalah, dapat membantu menangkal radikal bebas yang berbahaya untuk tubuh. Hal tersebut disebabkan karena gula merah memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, terutama selenium yang dapat mencegah efek radikal bebas. Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam gula merah juga dapat mengurangi tanda-tanda penuaan.

  • Menurunkan Berat Badan

Gula merah memiliki kandungan potasium atau kalium yang tinggi, sehingga bermanfaat dalam meningkatkan proses metabolisme, menjaga keseimbangan elektrolit dan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Selain itu, Mengonsumsi gula merah dengan jumlah yang banyak dipercaya dapat menurunkan berat badan Anda.

  • Mencegah Anemia

Gula merah memang sering dijadikan sebagai obat alami untuk mencegah anemia. Hal tersebut disebabkan karena, gula merah memiliki kandungan zat besi dan asam folat, yang mampu mencegah terjadinya anemia. Selain itu, gula merah juga dapat menyeimbangkan sel darah merah agar tetap normal.

  • Melancarkan Haid

Gula merah juga dapat membantu melancarkan siklus menstruasi. Hal ini berguna bagi Anda yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur. Gula merah dipercaya dapat melancarkan sistem peredaran darah di dalam tubuh, sehingga dapat membuat siklus haid Anda normal. Bahkan gula merah juga dipercaya dapat mengatasi perut kram saat menstruasi.

HARGA OBAT Kanker & Tumor Teregistrasi BPOM