Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

0
34
manfaat donor darah

Seputarherbal.com – Manfaat donor darah selain penting untuk menyelamatkan nyawa orang lain, ternyata juga bermanfaat bagi kita yang mendonorkannnya. Banyak masayarakat yang takut untuk mendonorkan darahnya dengan alasan takut jarum suntik atau takut terkena penyakit menular.

Hal ini tentunya menyebabkan stok darah untuk PMI menjadi berkuran, padahal proses pendonoran darah sangatlah aman. Jika masayrakat tau akan manfaat donor darah bagi kesehatan, pastilah mereka tidak akan segan untuk memberikan darahnya. Untuk itu mari kita ketahui apa saja manfaat donor darah bagi kesehatan yang jarang di ketahui oleh banyak orang.

Membantu Menurunkan Badan

Jika dari anda adalah salah satu dari mereka yang sedang berencana untuk menurunkan badan. Maka dengan menjadi relawan dalam mendonorkan darahnya adalah keputusan yang sangat tepat. Setiap 450 ml darah yang di sumbangkan akan membakar sekitar 650 kalori di dalam tubuh. Dengan jumlah kalori tersebut tentunya cukup untuk membuat pinggang anda ramping dan tentunya otomatis menurunkan berat badan anda.

Menjaga Kesehatan Jantung

Ternyata dengan donor darah dapat membantu menjaga kesehatan pada jantung. Jika anda memiliki kadar zat besi dalam darag yang terlalu berlbihan, maka sangat berbahaya. Kanarena hal ini bisa menyebabkan oksidasi kolestrol yang mana oksidasi tersebut bisa menumpuk pada dinding arteri sehingga dapat memicu serangan jantung. Maka dari itu dengan mendonorkan darah dapat menstabilkan jumlah zat besi dalam darah dan tentunya dapat mencegah penyakit jantung.

Menurunkan Resiko Kanker

Pada sebuah studi di tahun 2008 telah menemukan bahwa telah terjadi penurunan kecil dalam resiko kanker bagi mereka yang rutin menyumbangkan darahnya.  Kanker tersebut adalah kanker yang terkait dengan tingkat zat besi yang tinggi, seperti :

  • Kanker Hati
  • Kanker Paru-paru
  • Kanker Usus Besar
  • Kanker Perut
  • Kanker Kerongkongan

Mendeteksi Penyakit

Sebelum anda melakukan pendonoran darah, anda akan di periksa terlebih dahulu. Anda akan di periksa dari berbagai macam penyakit seperti, Hepatitis, malaria, HIV dan masih banyak lagi. Hal ini sangat penting karena untuk mengantisipasi supaya tidak ada penyakit yang menular lewat transfusi darah. Sisi baik bagi pendonor adalah , dapat mengecek kesehatan secara gratis sekaligus mengetahui kondisi kesehatan secara langsung.

Mengurangi Stres

Hal yang sangat sepele jika anda telah mendonorkan darah. Ternyata dengan mendonorkan darah dapat membuat pikiran anda enjadi bahagia, tenang dan damai. Hal ini terjadi akibat efek dari psikologis, , yang membuat bahwa anda merasa bisa membantu orang lain.

https://lingshenyao.id/cara-mengobati-kanker/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here