Manfaat Daun Bidara

0
256
manfaat daun bidara dan cara menggunakannya
Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan dan Kecantikan – Berita Info

Sepurarherbal – Daun bidara atau Ziziphus mauritiana tumbuh didaerah yang kering tapi tumbuhan ini tidak pernah layu dan bahkan semain lebat. Selain unik, ternyata tumbuhan ini memiliki banyak manfaat bagi manusia. Berikut manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yang wajib anda ketahui :

Mengobati luka terbuka dan luka bakar

Luka yang terbuka dan terjadi pendarahan akan mempermudah kita terkena infeksi. Dengan daun bidara yang ditumbuk halus dan dibubuhi pada luka, dapat memulihkan luka  dan menutup kembali luka yang terbuka. Dalam luka bakar, daun bidara berperan untuk mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit baru

Membasmi jerawat

Para wanita biasanya risih jika diwajah cantik mereka muncul jerawat. Untuk membasmi jerawat, anda dapat merendam daun bidara selama beberapa jam hingga hancur. Kemudian kompres daun tersebut pada jerawat. Anda juga bisa membuat pasta jerawat dengan ngenghancurkan daun bidara dan dicampur air bersih secukupnya.

Merawat rambut rontok

Menggunakan shampoo anti rontok saja terkadang tidak cukup untuk mengatasi rambut rontok anda. Anda bisa rawat rambut anda dengan daun bidara untuk mengatasi kerontokan. Anda cukup merebus daun bidara dan teteskan pada rambut anda, seperti penggunaan hair tonic. Atau anda bisa campurkan air rebusannya dengan sampo agar lebih praktis.

Mengatasi keputihan

Keputihan adalah masalah yang kerap terjadi pada sebagian besar wanita. Jika keputihan tersebut menyebabkan gatal diarea intin akan menggangu aktivitas bukan? Daun bidara memiliki kandungan antijamur dan anti bakter, sehingga dapat mengurangi efek dari keputihan. Untuk penggunaanya anda dapat mencampurkan air rendaman daun bidara untuk membersihkan area tersebut. BIsa juga digunakan untuk melawan jamur pada daerah tubuh lain.

Menjaga kesehatan lambung

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yang selanjutnya untuk gangguan lambung. Rata-rata masyarakat indonesia mengalami gangguan lambung atau maag karena pola makan yang kurang baik. Jika asam lambung naik cobalah untuk meminum jus daun bidata atau air rebusannya. Daun bidara bermanfaat untuk memelihara kesehatan lambung.

Menurunkan demam

Demam merupakan penyakit yang biasa menyerang segala usia dan awal dari sebuah penyakit. Mengkonsumsi obat warung biasanya tidak membuahkan hasil, namun ternyata daun bidara berkhasiat untuk menurunkan demam. Caranya cukup minum air rebusan daun bidara 2 kali sehari, masing- masing 1 gelas. Maka dalam beberapa hari suhu badan anda akan kembali normal.

Mencegah diabetes

Diabetes atau kencing manis biasa disebut ibu dari penyakit, karena penyakit ini akan menyerang organ lain secara perlahan. Maka dari itu alangkah baiknya jika kita mencegah penyakit tersebut. Daun bidara dapat meyeimbangkan gula darah dan menjaga imunitas, sehingga kita dapat terhindar dari diabetes. Anda bisa menkonsumsi daun bidara yang sudah dikeringkan secara langsung untuk manfaat yang lebih maksimal.

Mengobati wasir

manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yang terakhir adalah untuk menyembuhkan penyakit wasir atau abeien. Pengakit yang sangat menggangu saat aktivitas ini terlebih ketika duduk, bisa diatasi dengan dain bidara. Caranya anda dapat meminum air rebusan air bidara atau dibuat jus. Untuk hasil yang masimal, anda bisa tumbuk halus daun bidara dan bubuhkan pada wasir.

Baca juga : Jual Obat Kista

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here