Manfaat dan Bahaya Buah Nanas Bagi Kesehatan

0
23

Seputarherbal.com – Manfaat dan Bahaya Buah Nanas. Nanas Merupakan salah satu buah tropis yang memiliki rasa asam yang menyegarkan. Nanas sering kali dijadikan berbagai macam hidangan kuliner, seperti asinan, rujak, dan sebagai bahan peengkap pada masakan. Buah ini termasuk buah yang mudah untuk ditemukan, baik itu di pasar tradisional maupun supermarket. Selain itu, buah ini juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Nanas mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Meskipun rasanya asam, buah nanas justru tidak berbahaya bagi penderita maag. Hal tersebut disebabkan karena, nanas memiliki kandungan phitochemical yang dapat membantu menetralisir asam lambung. Namun, perlu Anda ketahui juga bahwa, nanas dapat menimbulkan efek samping yang buruk apabila dikonsumsi dalam jumlah atau kondisi tertentu. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai manfaat dan bahaya buah nanas untuk kesehatan.

Manfaat Nanas untuk Kesehatan

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Buah nanas memiliki kandungan vitamin C potasium yang baik untuk kesehatan jantung. Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah nanas mampu mencegah terjadinya gangguan pada pembuluh darah, seperti penebalan atau penyumbatan yang di sebabkan oleh kolesterol jahat. Sedangkan Potasium membantu menyeimbangkan cairan di dalam tubuh, yang biasanya terganggu akibat banyaknya garam atau sodium yang dikonsumsi.

  • Mencegah Kanker

Buah nanas dapat menangkal radikal bebas berupa asap rokok, yang mengandung racun atau partikel lainnya yang berbahaya. Partikel tersebut bisanya akan memicu terjadinya  abnormalitas pada sel, sehingga terbentuk lah sel-sel kanker.

  • Mengontrol Gula Darah

Buah nanas memiliki banyak serat, sehingga baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Jika Anda menderita diabetes tipe 1, maka konsumsi nanas akan membantu menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Sedangkan pada penderita diabetes tipe 2, konsumsi nanas dapat menyebabkan peningkatan gula darah, insulin, dan tingkat lipid. Jadi, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi buah nanas secara berlebihan untuk menghindari efek buruk.

Bahaya Buah Nanas

  • Menyebabkan Keguguran

Bagi Anda wanita yang sedang hamil, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi nanas muda. Hal tersebut disebabkan karena buah nanas (khususnya nanas muda) mengandung zat abortivum yang dapat mengguggurkan kandungan Anda. Itu sebabnya nanas dapat digunakan untuk melancarkan keterlambatan menstruasi.

Baca Juga : Benarkah Buah Pepaya Bisa Sebabkan Keguguran?

  • Memicu Radang Sendi

Selain Ibu hamil, penderita nyeri sendi juga tidak diperkenankan untuk mengonsumsi buah nanas. Pasalnya buah nanas dapat memperparah nyeri sendi yang dialami. Hal tersebut disebabkan karena, buah nanas yang dicerna oleh tubuh akan berubah menjadi zat fermentasi yang menyerupai alkohol, sehingga dapat menyebabkan peradangan pada sendi.

Obat Cina Untuk Kista Terbaik & Teregistrasi BPOM