Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan Tubuh

0
81
manfaat cuka apel untuk kesehatan

Seputarherbal.com – Seiring dengan berjalannya waktu cuka apel semakin terkenal dengan manfaatnya untuk kesehatan. Cuka apel terbuat dari apel hasi fermentasi yang kandungannya hanya ada sedikt kalori dan gula. Bagi anda yang belum tahu manfaat dari cuka apel ini.

Nah, berikut beberapa manfaat cuka apel untuk kesehatan yang bisa anda coba khasiatnya di rumah :

Menurunkan Berat Badan

Bagi dikalangan orang yang menjalankan program diet, cuka apel cukup terkenal ya. Beberapa penelitian memnag sudah membuktikan jika cuka apel dapat menurunkan berat badan. Ini karena cuka apel dapat meningkatkan rasa kenyang lebih lama, sehingga asupan kalori dalam tubuh bisa dikurangi. Tak main-main, jumlah kalori yang dapat kurangi bisa mencapai 274 kalori loh ! Cukup dengan 2 sendok cuka apel setiap hari, dapat menurunkan berat badan hingga 2 kg dalam 3 bulan. Selain menurunkan berat badan, konsumsi cuka apel juga dapat menurunkan kolesterol. Meski begitu, tetap harus dibarengi olahraga dan pola makan sehat ya !

Membantu Mengatur Kadar Gula Darah

Seperti yang kita ketahui, penyakit diabetes erat kaitannya dengan insulin. Nah cuka apel ini dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Sebuah studi yang dilakukan Diabetes Care telah membuktikan bahwa, sensitivitas insulin dapat meningkat hingga 34 % pada penderita diabetes tipe 2. Untuk mendapatkan manfaat cuka apel untuk  kesehatan tubuh ini campurkanlah 2 sdm cuka apel dengan air 200 ml. Komsumsi campuran cuka apel ini sebelum makan untuk mengatur kadar gula dalam darah anda.

Memelihara Kesehatan Kulit

Jerawat pada wajah, kebanyakan disebabkan karena bakteri. Cuka apel mempunyai sifat antibakteri yang dapat melawan bakteri di kulit. Studi yang dilakukan di Journal of Cosmetic Dermatology membuktikan jika cuka apel bermanfaat mengurangi pigmentasi, tekstur dan dapat mecerahkan kulit. Selain itu, cuka apel juga dipercaya dapat menghilangkan bekas luka.

Mengatasi Gejala Asam Lambung

Jika gelaja asam lambung naik, tentu saja sangat mengganggu aktifitas. Untuk mengatasi gejala asam lambung yang mengganggu, kamu bisa campurkan2 sdm cuka apel dengan air 200 ml. Hal ini dilakukan untuk mencegah asam lambung naik dengan cara memasukan asupan asam dalam saluran pencernaan. Dengan begitu gelajanya pun akan berangsur menghilang.

Walaupun mempunyai manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh, konsumsi cuka apel ini perlu diperhatikan. Segala sesuatu yang dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan efek yang kurang baik,begitu juga dengan cuka apel. Efek yang ditimbukan misalnya, merusak email gigi, kulit dan tenggorokan yang terasa seperti terbakar.

Baca Juga : Obat Miom Alami Tanpa Operasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here