Home Herbal Manfaat Buah Stroberi untuk Kesehatan

Manfaat Buah Stroberi untuk Kesehatan

0
99

Seputarherbal.com – Strawberry atau stroberi merupakan salah satu jenis buah yang banyak disukai oleh hampir semua kalangan. Buah ini memiliki rasa asam dan manis yang menyegarkan, serta bentuk hati dan warna merah yang cantik sehingga membuat siapapun yang melihatnya tergiur. Namun tahukah Anda manfaat buah stroberi untuk kesehatan?

Manfaat buah stroberi untuk kesehatan sudah terkenal sejak era Romawi. Stroberi memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi, serta jumlah kalori yang rendah. Warna merah pada buah stroberi disebabkan oleh anthocyanidin, yang merupakan antioksidan kuat dalam membantu tubuh untuk melawan peradangan, kanker, dan masalah jantung. Selain itu, stroberi juga dilengkapi dengan vitamin A, vitamin K, vitamin E, folat, serat, kalium, dan magnesium.

Banyaknya nutrisi baik yang terkandung dalam buah stroberi, membuatnya kaya akan manfaat bagi kesehatan. Berikut ini manfaan buah stroberi bagi kesehatan :

  • Mencegah Kanker

Stroberi memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan asam ellagik yang berguna untuk melumpuhkan sel kanker yang menyerang tubuh. Mengonsumsi buah stroberi secara rutin dipercaya dapat mencegah terjadinya penyakit kanker darah leukimia. Tak hanya itu, stroberi juga dilengkapi dengan antioksidan tinggi yang dapat melindungi tubuh dari serangan kanker. Kandungan antioksidan pada buah stroberi tidak akan berkurang meskipun telah diolah menjadi berbagai macam hidangan, seperti selai atau jus.

Kandungan asam ellagik dan kuersetin pada buah stroberi juga dapat menghambat pertumbuhan kanker payudara, kanker prostat, kanker kulit, dan kanker hati.

Baca Juga : Manfaat Buah Naga Untuk Wajah

  • Memutihkan Gigi

Sejak zaman dulu, stroberi memang kerap dijadikan sebagai bahan alami untuk memutihkan gigi. Hal ini disebabkan karena asam malat yang terdapat pada buah stroberi, dimana zat tersebut bertindak sebagai zat yang akan mengikis dan menghilangkan noda pada gigi. Dengan mengunyah buah stroberi setiap hari secara rutin, dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan mulut. Kesehatan mulut tersebut berupa memnutihkan gigi, menghilangkan bau mulut, dan membuat napas lebih segar.

  • Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Seperti yang telah Anda ketahui, bahwa buah stroberi memiliki kandungan antioksidan tinggi seperti anthocyanidin. Antioksidan ini dapat membantu mencegah pembentukan kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain itu, anthocyanidin juga memberikan efek anti-inflamasi yang baik bagi kesehatan jantung.

  • Mengurangi Berat Badan

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa buah stroberi memiliki kandungan kalori yang rendah dan serat yang tinggi. Hal ini dapat membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Selain itu, stroberi juga mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan metabolise dalam tubuh untuk membakar kalori lebih cepat.

Obat Tradisional 8 Makanan Pencegah Kanker Serviks