Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

0
115

Seputarherbal.com – Permasalahan pada lambung memang merupakan hal yang sering dialami oleh banyak orang. Perut kembung, mual dan muntah serta sakit perut mungkin adalah hal biasa yang terjadi ketika ada gangguan pada lambung Anda. Akan tetapi, jika Anda merasakan panas pada perut yang disertai dengan rasa mual atau mulas, kemungkinan Anda mengalami masalah dengan refluks asam lambung. Hal itu disebabkan karena, asam lambung yang berlebih mengalir dari lambung ke kerongkongan (esofagus). Salah satu faktor penyebab naiknya asam lambung adalah, mengonsumsi makanan dan minuman yang memicu naiknya asam lambung.

Bagi Anda penderita asam lambung, terdapat beberapa makanan dan minuman yang harus anda hindari. Apa saja itu? Berikut makanan dan minuman yang harus dihindari penderita asam lambung :

  • Makanan yang Digoreng

Makanan yang diproses dengan cara digoreng memang memiliki cita rasa gurih dan lezat. Akan tetapi, makanan tersebut juga dapat memicu naiknya asam lambung dan dapat menimbulkan rasa panas pada lambung. Selain itu, makanan yang digoreng juga dikenal memiliki kolesterol tinggi. Maka dari itu, penderita asam lambung dan kolesterol dianjurkan untuk menghilangkan kebiasaan mengonsumsi makanan yang digoreng.

  • Kafein

Penderita asam lambung juga harus mulai mengurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh maupun coklat. Hal tersebut disebabkan karena, kafein dapat meningkatkan refluks asam lambung. Bagi Anda yang tidak memiliki asam lambung pun, anda bisa terkena asam lambung ketika mengonsumsi kafein sehari berkali-kali. Anda dapat mengganti minuman-minuman tersebut dengan teh herbal seperti teh chamomile yang aman dan tidak mengandung kafein

  • Coklat

Coklat merupakan makanan yang digemari oleh banyak orang. Namun, meskipun memiliki rasa yang manis dan lezat, coklat ternyata dapat memicu naiknya asam lambung. Hal ini disebabkan karena, coklat mengandung kafein serta memiliki lemak dan cocoa yang tinggi sehingga dapat menyebabkan refluks.

  • Alkohol

Minuman yang mengandung alkohol dapat meningkatkan refluks asam lambung. Alkohol dapat merelaksasi katup pada bagian bawah esofagus yang menyatu dengan lambung, sehingga dapat menyebabkan asam lambung naik.

Baca Juga : 3 Minuman Yang Dapat Menurunkan Asam Lambung

  • Soda

Tidak hanya minuman beralkohol, minuman yang mengandung soda juga dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Gelembung pada soda dapat menyebar ke seluruh bagian perut sehinggaa memicu naiknya asam lambung dan menyebabkan perut kembung.

  • Daging Berlemak Tinggi

Daging yang berlemak tinggi seperti daging sapi, daging domba dan daging babi juga harus dihindari penderita asam lambung. Hal ini disebabkan karena, daging-daging tersebut akan lama untuk dicerna dan tentunya akan lama pula berada di dalam lambung, sehingga terjadi refluks. Dianjurkan untuk membuang lemak pada daging jika anda ingin mengonsumsi daging.

https://lingshenyao.id/obat-miom-herbal/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here