5 Makanan Ini dapat Merusak Kesehatan Otak

0
32

Seputarherbal.com – Otak pada dasarnya merupakan organ inti yang sangat kompleks dalam mengatur segala proses yang terjadi di dalam tubuh. Otak berperan untuk mengendalikan detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan, keseimbangan hormon, serta suhu tubuh. Selain itu, otak juga merupakan organ yang berperan dalam terjadinya suatu gerakan, kognisi, kemampuan mengingat, pengendalian emosi, hingga kesehatan manusia. Namun, tanpa kita sadari, beberapa hal kecil seperti makanan yang di konsumsi sehari-hari ternyata dapat merusak otak serta mengganggu fungsinya. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai makanan-makanan yang dapat merusak otak. Simak ulasan di bawah ini hingga selesai.

Berikut ini daftar makanan yang berbahaya bagi kesehatan otak :

  • Makanan Cepat Saji (Junk Food)

Junk food atau makanan cepat saji memang merupakan makanan yang digemari oleh banyak orang. Meskipun begitu, makanan cepat saji juga merupakan makanan yang mengandung lemak tinggi sehingga berbahaya untuk kesehatan otak Anda. Berdasarkan penelitian, sebanyak 40 persen dari orang yang sering mengonsumsi junk food kehilangan keseimbangan mental mereka di bandingkan dengan orang yang jarang mengonsumsinya.

Baca Juga : Ciri-ciri Kanker Otak pada Remaja yang harus diwaspadai

  • Alkohol

Makanan atau minuman yang mengandung alkohol sangat berbahaya untuk kesehatan otak, terutama jika Anda sering mengonsumsinya. Pasalnya, kandungan alkohol di dalamnya dapat merusak organ tubuh, terutama sistem saraf, jantung, dan hati. Hal tersebut kemudian akan berdampak pada reaksi kimia yang terjadi di otak. Alkohol dapat menyebabkan gangguan pada memori, serta memperlambat waktu reaksi pada otak.

  • Ikan Tuna

Ikan memang salah satu makanan yang dibutuhkan oleh tubuh, karena dengan mengonsumsi ikan tubuh dapat menerima asupan asam lemak omega-3. Akan tetapi, Anda perlu berhati-hati terhadap beberapa spesies ikan tertentu, salah satunya tuna. Hal tersebut disebabkan karena, tuna diketahui mengandung banyak merkuri yang akan berdampak buruk terhadap kesehatan otak. Semakin tinggi tingkat merkuri yang terdapat dalam aliran darah, maka semakin rendah pula nilai yang didapatkan dalam tes kemampuan kognitif. Konsumsilah ikan yang mengandung sedikit merkuri, seperti salmon dan sarden.

  • Popcorn Microwave

Bagi Anda pencinta popcorn terutama popcorn dalam kemasan, sebaiknya Anda lebih berhati-hati. Hal ini disebabkan karena, popcorn dalam kemasan dan popcorn yang dibuat menggunakan microwave mengandung banyak lemak trans. Lemak trans tersebut tidak hanya berbahaya bagi kesehatan jantung, tapi juga berbahaya bagi kesehatan otak.

  • Gorengan

Makanan yang diolah melalui proses penggorengan mengandung banyak pewarna, bahan kimia aditif, dan juga perasa buatan yang sangat berbahaya bagi kesehatan otak Anda. Bahan kimia yang terdapat di dalamnya dapat mempengaruhi fungsi kognitif otak, serta menghancurkan sel-sel yang terdapat pada otak. Selain itu, kebiasaan mengonsumsi gorengan juga dapat menyebabkan hipertensi baik pada orang dewasa, maupun anak-anak.

Tips Hancurkan Kanker Serviks Stadium 4 Tanpa Operasi