Home Kesehatan Makanan Ini dapat Membantu Obati Sariawan

Makanan Ini dapat Membantu Obati Sariawan

0
48

Seputarherbal.com – Makanan untuk Sariawan. Sariawan adalah sebuah masalah kesehatan yang pernah dialami hampir oleh semua orang. Sariawan merupakan benjolan berwarna putih yang muncul di mulut. Bila sariawan muncul di mulut, maka akan menyebabkan rasa perih yang membuat Anda kesulitan makan, minum, bahkan berbicara. Sariawan bukanlah masalah kesehatan yang berbahaya, sariawan pun dapat sembuh dalam hitungan minggu. Akan tetapi jika sariawan tidak kunjung sembuh, kemungkinan ada masalah serius sehingga perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengatasi satiawan adalah dengan mengonsumsi makanan yang berkhasiat dalam mengobati sariawan. Berikut ini adalah makanan yang dapat Anda konsumsi untuk mengobati sariawan :

  • Madu

Madu merupakan salah satu makanan alami yang cukup ampuh dalam mengobati sariawan. Caranya pun cukup mudah, yakni Anda hanya perlu mengoleskan madu di bagian sariawan tersebut. Pada dasarnya, madu memiliki sifat anti radang dan antibakteri yang dapat membantu mengurangi rasa perih serta mempercepat proses penyembuhan sariawan.

  • Kelapa

Selain madu, kelapa juga dipercaya untuk mengatasi sariawan di bibir maupun di lidah. Selain itu, kelapa juga dapat membantu mencegah peradangan agar tidak semakin memburuk dan juga mengurangi rasa sakit yang timbul akibat sariawan. Kelapa juga dipercaya dapat membantu menyejukkan tubuh, sehingga dapat mencegah timbulnya sariawan.

Cara menggunakan kelapa sebagai obat sariawan pun cukup mudah. Anda hanya perlu menyampurkan susu kelapa atau minyak kelapa dengan madu, kemudian oleskan pada luka sariawan Anda. Lakukan perawatan ini secara rutin sebanyak 3-4 kali sehari, hingga sariawan mengempis.

Baca Juga : Penyebab Sariawan yang Perlu Diketahui

  • Yogurt

Siapa sangka bahwa yogurt dapat membantu mengobati sariawan? Yap! selain manfaatnya yang baik untuk pencernaan, ternyata yogurt juga dapat membantu menyembuhkan sariawan yang Anda alami. Pasalnya, yogurt memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu memulihkan luka di mulut akibat sariawan. Anda dapat mengonsumsi yogurt secara rutin hingga sariawan mengempis.

  • Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat di bidang kesehatan, termasuk untuk mengobati sariawan. Lidah buaya dapat mengatasi rasa panas dan tidak nyaman akibat sariawan. Caraya adalah, dengan mengoleskan getah atau daging lidah buaya secara langsung pada sariawan Anda. Setelah itu, diamkan selama beberapa jam, dan ulangi sampai tiga kali dalam sehari. Lidah buaya juga ampuh dalam mengatasi sariawan di lidah, karena memiliki sifat anti peradangan dan juga dapat menjadi obat pereda nyeri alami.

Hilangkan 5 Gejala Kista Coklat, OBAT HERBAL