Makanan Untuk Penderita Radang Tenggorokan

0
79
Makanan untuk radang tenggorokan

Seputarherbal.com – radang tenggorokan atau faringitis dapat membuat Anda tidak nyaman karena tenggorokan akan terasa sakit dan juga panas, sehingga akan membuat Anda kesulitan makan. Sakit tenggorokan adalah gejala umum yang terjadi dari beberapa penyakit yang berbeda atau terjadi karena penyakit yang lain contohnya seperti flu, demam, dan penyakit lainnya. Radang tenggorokan seharusnya dapat sembuh dengan cepat. Hal ini dapat terjadi jika minuman dan makanan yang dikosumsi diperbolehkan untuk dimakan.

Berikut merupakan makanan pilihan dianjurakan untuk radang tenggorokan :

Pisang

Pisang memiliki tekstur yang cukup lembut sehingga dapat sangat mudah untuk ditelan, termasuk bagi orang yang sedang mengalami radang tenggorokan. Kandungan vitamin B6, kalium dan juga vitamin C yang terdapat di dalamnya akan membantu menyembuhkan sakit pada tenggorokan.

Lemon dan madu

Campuran lemon dan juga madu akan meredakan sakit pada tenggorokan Anda dengan baik. Minuman ini juga mampu mendinginkan tenggorokan sampai meredakan rasa sakit saat menelan. Madu memiliki rasa yang sangat manis dan halus membuat terasa enak dan nyaman di tenggorokan. Madu juga  memiliki khasiat antimikroba yang dapat membantu menyembuhkan sakit tenggorokan.

Sup ayam

Peneliti  menemukan bahwa sup ayam mungkin memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu membersihkan saluran napas, dan dapat mengurangi gejala sakit pada tenggorokan. Sup ayam juga berfungsi sebagai anti peradangan dan mencegah virus yang masuk ke dalam tubuh.

Telur

Telur adalah sumber protein yang sangat baik. Protein yang terkandung dalam telur akan membantu menangani proses peradangan dan rasa sakit pada tenggorokan.

Jus delima

Penelitian juga telah menunjukkan bahwa jus delima dapat mencegah infeksi serta mengurangi peradangan.

Jahe

Jahe dapat dikonsumsi dalam berbagai banyak bentuk, termasuk teh dan juga bubuk. Selain untuk mencegah mual dan mengatasi banyak penyakit lainnya, penelitian juga telah menemukan bahwa jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan sakit tenggorokan serta mengurangi pembengkakan hingga rasa sakit.

Sayuran yang dimasak dengan baik

Contoh sayuran seperti Wortel, kol, kentang, dan sayuran lainnya juga dapat membantu penderita radang tenggorokan, asalkan dimasak hingga lunak.

Berikut merupakan makanan yang harus dihindari untuk penderita radang tenggorokan :

Radang tenggorokan akan menyulitkan dan membuat sakit saat Anda menelan, ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari, antara lain adalah :

Makanan renyah dan bertekstur keras

Makanan yang cenderung keras dan juga garing, seperti kerupuk, roti kering, kacang-kacangan, atau dapat membuat radang tenggorokan Anda lebih terasa tidak nyaman.

Buah dan jus jeruk

Meski banyak orang beralih ke jus jeruk saat mereka kepanasan, hal tersebut justru akan membuat radang tenggoroka  Anda menjadi lebih buruk. Jeruk dan jus lainnya yang bersifat asam, dapat mengiritasi permukaan tenggorokan yang sanget empuk.

Alkohol

Minuman dan obat kumur yang mengandung alcohol juga dapat menyebabkan sensasi menyengat pada tenggorokan sakit. Minuman beralkohol contohnya seperti bir dan wine juga akan membuat Anda dehidrasi, yang tidak baik untuk orang yang sedang mengalami sakit tenggorokan.

Baca juga : Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here