Beberapa Makanan Ini Cocok Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

0
73

Seputarherbal.com – Bagi anda yang mengalami kondisi pradiabetes atau memiliki riwayat diabetes, maka anda perlu menjaga kadar gula darah anda dengan benar-benar agar terhindar dari buruknya penyakit diabetes. Jika kadar gula dalam darah naik, maka anda harus segera membuatnya kembali normal. Gula darah dapat dikontrol melalui asupan makanan. Makanan apa saja itu? Simak ulasan mengenai makanan-makanan untuk menurunkan gula darah berikut :

  • Bawang Putih

Bagi anda yang gemar mengkonsumsi bawang putih, nyatanya anda termasuk beruntung. Karena bawang putih dipercaya sebagai salah satu makanan yang membantu dalam menurunkan kadar gula darah. Sebuah penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi bawang putih sebelum makan, dapat membantu menormalkan gula darah anda.

Selain mengandung karbohidrat, bawang putih juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kadar kolesterol yang normal tentunya akan berdampak baik juga untuk gula darah.

  • Buah Alpukat

Buah alpukat memang dikenal dengan buah yang memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat dari buah ini adalah untuk menjaga kadar gula darah. Selain memiliki serat yang cukup tinggi, buah alpukat memiliki lemak tak jenuh dan lemak tak jenuh tunggal yang berperan penting dalam mengendalikan kadar gula darah. Alpukat dapat meningkatkan kinerja hormon insulin, dimana hormon ini membantu menormalkan kadar asam urat sehingga menurunkan risiko terkena diabetes.

  • Ikan yang Tinggi Omega 3

Selain harus menghindari makanan yang manis, agar kadar gula darah normal anda juga harus menghindari makanan berlemak. Ikan adalah salah satu makanan yang memiliki lemak baik, yaitu ikan yang mengandung omega 3. Ikan yang mengandung omega 3 dapat mengendalikan kadar gula darah anda agar tetap normal. Selain itu, ikan memiliki protein yang dapat menurunkan kadar gula berlebih dalam tubuh, dan menyebabkan anda merasa lebih kenyang sehingga tidak memerlukan makanan tambahan.

Berikut ini adalah jenis ikan yang mengandung omega 3 dan rendah lemak :

  • Ikan salmon
  • Ikan tuna
  • Ikan yang hidup di air tawar
  • Ikan sebelah
  • Ikan kembung (ikan halibut)
  • Kakao

Kakao merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk membuat coklat. Tapi meskipun begitu, bukan berarti anda dapat mengkonsumsi coklat yang telah diolah sedemikian rupa. Kakao yang digunakan untuk membantu mengendalikan kadar gula darah adalah benih kakao. Benih kakao mengandung antioksidan, flavanol dan juga protein yang penting untuk tubuh. Meskipun rasanya pait dan gak ada manis-manisnya, kakao sangat ampuh untuk mengendalikan kadar gula darah agar tetap normal.

Baca Juga : Khasiat Brotowali Untuk Mengobati Diabetes

  • Telur

Meskipun telur mengandung kolesterol yang tinggi. Namun, protein pada telur dapat mengendalikan kadar gula darah agar tetap normal. Lebih baik anda mengkonsumsi telur yang direbus saja, dan jangan berlebihan karena telur mengandung kolesterol sehingga tidak baik untuk kesehatan jantung

  • Sayur-Sayuran

Nutrisi yang terkandung dalam sayur dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Dengan mengkonsumsi sepiring sayur dalam sehari, sudah cukup membantu anda dalam menjaga kadar gula darah dalam tubuh.

https://lingshenyao.id/obat-miom-herbal/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here