Home Kesehatan Makanan untuk Menurunkan Gula Darah

Makanan untuk Menurunkan Gula Darah

0
29

Seputarherbal.com – Mengonsumsi makanan untuk menurunkan gula darah memang diperlukan, khususnya bagi para penderita diabetes agar gula darah tetap stabil. Makanan memiliki peran penting dan cara kerja berbeda-beda dalam mengontrol gula darah, seperti meningkatkan sensitivitas insulin atau memperlambat pelepasan karbohidrat.

Diabetes merupakan penyakit yang berhubungan dengan gula darah. Penyakit ini terjadi karena kadar gula dalam darah melebihi batas normal, akibat tubuh tidak dapat menghasilkan hormon insulin yang cukup. Selain itu, penyakit ini juga dapat terjadi akibat resistensi insulin, yakni kondisi di mana tubuh tak lagi dapat menggunakan insulin secara efektif.

Penyakit diabetes menyebabkan kadar gula darah lebih sulit dikendalikan, terutama jika penderita memiliki pola makan yang tidak sehat, seperti mengonsumsi makanan manis atau makanan karbohidrat tinggi. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui makanan penurun gula darah, agar dapat terhindar dari gejala-gejala diabetes.

Baca Juga : Makanan Khusus Penderita Diabetes

Berikut ini berbagai macam makanan yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah :

  • Alpukat

Alpukat dapat dijadikan solusi untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Pasalnya, alpukat memiliki kandungan mineral dan lemak baik, sehingga dapat menurunkan risiko diabetes. Kandungan nutrisi yang terdapat pada alpukat dapat membantu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, sehingga kadar gula darah akan tetap terjaga.

  • Kacang-Kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan, seperti kacang almond atau kacang badam, dapat membantu mengendalikan gula darah agar tetap stabil. Hal ini disebabkan karena, kandungan nutrisi, serta rendahnya indeks glikemik yang terdapat pada kacang-kacangan tersebut.

Sebuah studi menyatakan bahwa, orang yang mengonsumsi setidaknya 30 gram kacang almond atau kacang-kacangan lainnya setiap hari, cenderung memiliki kadar glukosa yang rendah dan stabil.

  • Ikan yang Mengandung Omega 3

Kandungan omega 3 yang ada pada ikan sangat baik untuk menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh. Selain itu, ikan yang kaya akan kandugan omega 3 juga dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama, sehingga Anda tidak perlu mengonsumsi makanan tambahan lainnya yang dapat menaikkan kadar gula darah.

Pilihlah ikan yang rendah lemak serta kaya akan omega 3, seperti ikan salmon, ikan tuna, ikan kembung,ikan halibut, atau ikan trout (ikan yang hidup di air tawar).

  • Telur

Meskipun telur mengandung kolesterol tinggi, namun kandungan protein pada telur dapat membantu mengendalikan kadar gula darah di dalm tubuh agar tetap stabil. Telur juga dapat memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga Anda tidak perlu makan berlebih. Untuk mengonsumsi telur, sebaiknya Anda mengolah telur dengan cara direbus, alih-alih digoreng. Hal ini dilakukan agar kadar kolesterol di dalam tubuh tidak melonjak naik.

Chord

https://lingshenyao.id/penyakit-diabetes/