Makanan Untuk Melancarkan Asi

0
151
Makanan pelancar asi

Makanan Pelancar Asi

Seputarherbal.com – ASI merupakan nutrisi yang penting untuk pertumbuhan bayi. ASI biasanya diberikan dalam waktu beberapa bulan setelah bayi lahir, ada juga pemberian ASI eksklusif sampai 2 tahun lamanya. Namun beberapa ibu yang mengalami kesulitan dalam memberikan ASI pada anaknya karena ASI yang diproduksi hanya sedikit. Berikut adalah beberapa makanan pelancar asi :

Pepaya

Semua yang terdapat di pohon pepaya dapat digunakan untuk memperbanyak ASI ibu, mulai dari buahnya, bunganya hingga daunnya juga dapat dipakai untuk memperbanyak ASI. Dalam buah dan bunga pepaya mengandung vitamin A, vitamin C, mineral seperti kalsium, asam folat dan enzim papain. Enzim yang ada di pepaya berguna untuk membantu mempercepat proses pencernaan protein. Ketika ibu menyusui, memerlukan banyak protein dalam menghasilkan ASI. Selain mengandung vitamin yang banyak. Buah pepaya juga mempunyai banyak cairan sehingga baik untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh untuk menghasilkan lebih banyak ASI.

Daun Katuk

Sejak dulu daun katuk dipercaya dapat dipakai untuk memperbanyak ASI. Sayangnya, kehadiran daun inidi masa sekrakang cukup sulit untuk ditemui sehingga banyak ibu yang tidak dapat mengkonsumsinya. Daun katuk memiliki rasa yang pahit, dibutuhkan proses memasak yang tepat agar daun katuk tak terlalu terasa pahit kembali. Selain itu daun katuk menjadi pantangan makanan ibu hamil karena rasanya yang pahit. Daun katuk biasa dipakai untuk memperbanyak ASI sebab daun katuk memiliki banyak kandungan  protein yang dibutuhkan.

Sup

Sup adalah salah satu makanan yang dapat dikosumsi yang bertujuan untuk memperbanyak ASI. Tak sembarang sup yang dapat digunakan untuk memperbanyak ASI. Sup yang hanya dapat digunakan untuk perbanyak ASI yaitu sup ayam dan sup ikan. Air kuah yang terdapat didalam sup dapat dipakai untuk menambah cairan bagi tubuh. Daging ayam serta daging ikan dapat digunakan sebagai penambah protein untuk tubuh ibu yang menyusui.

Bayam

Bayam merupakan makanan penambah zat besi yang baik. Zat besi sangat berguna untuk pembentukan sel darah merah dalam tubuh ibu yang sedang menyusui. Selain zat besi, bayam juga memiliki vitamin B6. Manfaat dari vitamin B6 yaitu untuk meningkatkan daya tahan tubuh pada bayi. Nutrisi lainnya yang terkandung pada bayam yaitu vitamin C, A, E, K, protein beragam jenis mineral sepeti riboflavin, asam folat, magnesium, kalsium, thiamin, kalium serta fosfor.

Wortel

Wortel memiliki kandungan enzim phytoestrogens yang sangat bermanfaat untuk menghasilkan ASI dalam jumlah yang banyak. Selain itu, wortel juga mempunyai kandungan vitamin A yang tinggi. Caranya dengan meminum satu gelas jus wortel sebelum ibu makan siang dapat memproduksi ASI pada sore harinya.

Air

Tubuh yang kekurangan cairan sulit untuk menghasilkan banyak ASI. Oleh sebab itulah ibu yang telah mengkonsumsi makanan, jangan lupa untuk selalu memenuhi kebutuhan air di dalam tubuh. Bila sampai terjadi dehidrasi, berbagai makanan tidak akan membantu dalam memproduksi ASI pada sang ibu.

https://lingshenyao.id/jual-obat-kista-herbal/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here