Home Kesehatan Makanan Ini dapat Membantu Mengatasi Mata Kering

Makanan Ini dapat Membantu Mengatasi Mata Kering

0
38

Seputarherbal.com – Mata kering merupakan salah satu masalah mata yang sering kali terjadi. Kondisi ini menyebabkan mata Anda mudah terkena iritasi, hingga dapat menyebabkan masalah pada┬ápenglihatan. Banyak orang yang memilih menggunakan obat tetes mata untuk mengatasi mata kering. Padahal, sebenarnya mata kering dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan mata. Lantas apa saja makanan untuk mata kering? Simak ulasan di bawah ini.

Jika Anda sedang megalami mata kering, sebaiknya Anda menurunkan sedikit asupan protein, dan hindari makanan yang mengandung lemak serta kolesterol berlebihan. Ada beberapamakanan yang dipercaya dapat membantu meningkatkan produksi air mata. Diantaranya adalah :

  • Asam Lemak Omega 3

Makanan yang memiliki kandungan asam lemak omega 3 tinggi dapat membantu mengatasi mata kering. Pasalnya, asam lemak omega 3 mampu merangsang kelenjar pada mata, yakni kelenjar meibomian agar memproduksi minyak pada air mata. Minyak ini berfungsi untuk menjaga kondisi mata agar tidak cepat kering, sehingga mata selalu dalam keadaan lembap.

Makanan yang kaya akan kandungan asam lemak omega 3 antara lain adalah, ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, ikan teri, minyak ikan, sayuran hijau yang berdaun, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Baca Juga : Penyebab Mata Kedutan dan Cara Mengatasinya

  • Vitamin C

Makanan yang tinggi akan kandungan vitamin C juga penting bagi kesehatan mata, terutama untuk mengatasi mata kering. Pasalnya, mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C terbukti dapat melancarkan kinerja pembuluh darah pada mata, serta membantu mencegah terjadinya katarak. Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin C di dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan sumber vitamin C yang baik, seperti jeruk, apel, tomat, pisang, anggur, dan bayam.

  • Vitamin E

Selain vitamin C, mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E juga baik untuk mengatasi mata kering. Pasalnya, vitamin E mampu melindungi sel-sel mata dari kerusakan. Selain itu, vitamin E juga bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda. Makanan yang tinggi akan kandungan vitamin E antara lain adalah, ubi, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

  • Zink

Nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan mata adalah vitamin A. Zink merupakan zat yang dapat membantu mata untuk menyerap vitamin A, yang lemudian digunakan untuk pembentukan melanin mata. Jika kebutuhan zink di dalam tubuh tidak terpenuhi, maka mata Anda berisiko tinggi terkena infeksi dan mengalami kekeringan. Maka dari itu, penuhilah kebutuhan zink dengan baik. Makanan yang mengandung zink antara lain adalah, ikan salmon, tiram, lobster, daging sapi, telur, dan susu.

  • Kalium

Kalium juga merupakan nutrisi yang penting bagi kesehatan mata. Kurangnya asupan kalium dapat menyebabkan mata menjadi kering. Maka dari itu, konsumsilah makanan yang mengandung kalium seperti pisang, alpukat, kacang almond, kurma, dan kismis.

Hilangkan 5 Gejala Kista Coklat, OBAT HERBAL