Home Kesehatan Makanan Rendah Karbohidrat Pengganti Nasi

Makanan Rendah Karbohidrat Pengganti Nasi

0
6

Seputarherbal.com – Makanan Rendah Karbohidrat Pengganti Nasi. Karbohidrat merupakan nutrisi yang terdapat pada berbagai jenis makanan dan minuman dalam bentuk tepung maupun gula. Orang Indonesia memiliki risiko tinggi dalam mengalami kelebihan karbohidrat, sebab sebagian besar orang Indonesia mengonsumsi nasi putih sebagai makanan pokok sehari-hari.

Seperti yang Anda ketahui, bahwa nasi putih merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Meskipun begitu, saat ini banyak orang yang mulai melakukan diet karbohidrat dengan membatasi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Hal ini dilakukan untuk menjaga berat badan atau mencegah terjadinya obesitas atau kelebihan berat badan.

Meskipun kelebihan karbohidrat dapat menyebabkan berat badan bertambah, namun bukan berarti Anda tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali. Diet karbohidrat cukup dilakukan dengan cara mengurangi asupan karbohidrat dari jumlah biasanya. Orang dewasa yang sehat dianjurkan mengonsumsi karbohirat sebanyak 300 hingga 400 gram per hari. Namun, jika menjalani diet karbohidrat, maka asupan karbohidrat dapat dikurangi menjadi setengahnya atau sekitar 150 hingga 200 gram.

Selain itu, pengurangan asupan karbohidrat juga perlu disesuaikan dengan aktivitas yang Anda lakukan sehari-hari, dan dilakukan secara perlahan dalam hitungan minggu maupun bulan. Jangan sampai Anda menurunkan asupan karbohidrat dalam jumlah yang banyak apabila Anda melakukan aktivitas padat atau berat. Pasalnya, kekurangan asupan karbohidrat dapat menyebabkan menurunnya metabolisme, hingga menghilangkan massa otot. Selain itu, penurunan karbohidrat juga harus diimbangi dengan asupan protein dan serat yang mencukupi.

Baca Juga : Diet Tanpa Nasi

Berikut ini beberapa makanan rendah karbohidrat yang dapat Anda jadikan pengganti nasi :

  • Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu makanan pokok pengganti nasi yang memiliki cita rasa lezat dan nikmat. Jenis makanan ini diperkaya dengan kandungan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain dapat dijadikan pengganti nasi, oatmeal juga memberikan manfaat baik yang menguntungkan tubuh, seperti menurunkan kadar kolesterol dan gula darah.

  • Jagung

Sudah bukan rahasia lagi bahwa jagung merupakan makanan pokok pengganti nasi yang sudah banyak dilakukan di berbagai negara. Pasalnya, jagung merupakan makanan yang kaya akan serat dan antioksidan. Pada dasarnya, makanan berserat tinggi perlu waktu yang lebih lama untuk dicerna, sehingga dapat membuat perut Anda kenyang lebih lama. Maka dari itu, jagung juga dapat Anda gunakan sebagai menu diet bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

  • Kentang

Makanan pengganti nasi yang menjadi favorit banyak orang adalah kentang. Makanan yang mengandung karbohidrat cukup tinggi ini mengandung lebih banyak vitamin daripada nasi. Agar gizi dan nutrisi yang ada pada kentang tidak hilang, sebaiknya Anda pilih bumbu penyedap yang rendah kalori. Selain itu, lebih baik kentang diolah dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang, daripada di goreng.

  • Quinoa

Quinoa merupakan jenis makanan pokok pengganti nasi yang saat ini tengah populer di kalangan masyarakat Indonesia. Quinoa sendiri merupakan makanan dari beberapa tanaman yang mengandung sembilan asam amino esensial. Makanan ini mengandung protein, serat, magnesium, kalium, zat besi, fosvor, vitamin B, vitamin E, dan berbagai antioksidan yang baik untuk tubuh.

Rekomendasi Obat Tumor Payudara TANPA OPERASI